Jumat, 30 November 2018

Review: Ristra Med Soap

Review: Ristra Med Soap

Selamat pagi/siang/sore/malam, Bloggies. Assalamualaikum ^^
Gara-gara keseringan posting di Instagram foto produk yang lagi gue pakai plus dikasih sedikit review, gue sampai lupa bikin postingannya di blog, hehehehe....
Yang mau gue review kali ini adalah Ristra Med Soap, sabun muka yang mengklaim punya pH seimbang sehingga bagus bagi kulit wajah.
Sebelumnya, kita bahas dulu ya, pH seimbang itu apa, sih? Gayanya kayak yang paling ngerti, ya?Padahal ini juga hasil baca sana-sini, jadi kalau ada kalimat yang salah, mohon dikoreksi, yaaaa.. ^^

pH adalah potential hydrogen, yaitu derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan. Angka paling kecil adalah satu, paling besar adalah 14. Karena range-nya dari 1-14, maka sifat netral ada di angka 7. Di bawah 7 berarti asam, di atas 7 berarti basa. Sampai sini masih bisa dipahami, ya? :)
Di permukaan paling atas muka kita ada yang namanya acid mantle, yaitu lapisan pelindung alami yang terbuat dari minyak dan keringat. Acid mantle bekerja paling baik pada kadar pH normal, yaitu di angka 5,5.  Namun, ada penelitian yang menyatakan bahwa untuk wanita dewasa, kondisi terbaik pH berada di kisaran 4,2-5,6. 
Kulit berminyak juga memiliki sifat cenderung lebih asam, jadi pH-nya lebih rendah.
Fungsi acid mantle adalah melindungi kulit dari bakteri, virus, polusi, iritasi, dan hal-hal lain yang bisa menembus kulit. Selain itu, acid mantle juga melindungi lapisan dalam kulit dari oksidasi, menyeimbangkan tingkat kelembapan, mencegah perkembangan bakteri, dan menjaga kekencangan kulit.
Nah, sekarang yang harus kita lakukan adalah memilih skin care yang pH-nya sesuai, supaya keseimbangan acid mantle kita nggak terganggu.
Skin care dengan pH yang tinggi akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering, bahkan iritasi. Sebaliknya, penggunaan skin care dengan pH yang terlalu rendah dapat menghilangkan minyak alami kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat dan peradangan kulit.
Itulah kenapa kita perlu menjaga keseimbangan pH wajah di kisaran 5.5, karena acid mantle bekerja dengan baik di pH 5.5.
Nah, kalau dilihat dari website-nya, pH Ristra Med Soap ini adalah 4,5-5,5. Makanya gue tergoda buat nyobain.
Tekstur Ristra Med Soap ini adalah gel, kental transparan, dengan busa yang nggak terlalu banyak, tapi efek soothing-nya terasa pada pemakaian pertama, mungkin didukung wanginya yang lembut juga. Udahannya muka jadi lebih lembap dan halus.
Gue pakai sabun ini sebagai cleanser untuk pagi dan second cleanser pada sore hari. Udah masuk dua bulan pemakaian dan kulit gue aman-aman aja. Malahan waktu gue bermasalah dengan Safi seperti yang gue tulis di sini dan di sini, kulit gue jadi mendingan karena pakai Ristra ini.

Review: Ristra Med Soap

Ingredients:
Purified Water, Sodium Lauryl Myristyl Ether Sulfate, Coco Betaine, TEA-Lauryl Sulfate, Glycol Distearate, Sodium Laureth Sulfate, Cocamide MEA, Laureth-10, Cocamide DEA, Sodium Chloride, Fragrance, DMDM Hydantoin, Iodopropynyl Butylcarbamate, Citric Acid

1 komentar:

Mau komen? Silakan :)