Kamis, 18 Januari 2018

Pengalaman Pertama: Double Cleansing dan Double Toning

Haaaaaaaiii, Bloggies. Assalamualaikum :)
Kalo kamu "berguru" skin care lewat youtube channel-nya Female Daily yang di-host Kak Affi Assegaf, pasti sering banget ya denger double cleansing, double toning. Tiap kali ada video ngebahas masalah kulit di channel itu, solusinya selalu dua hal tersebut. 
Jadi ya udah, gue pun nyobain. Udah hampir dua bulan sejak gue rutin melakukan double cleansing-double toning, makanya gue berani posting di sini, he he he....

Sebelumnya, kita bahas dulu kenapa kita harus melakukan double cleansing? 

Katanya sih: 
first cleanser untuk membersihkan segala debu dan zat kimia yang melekat di kulit kita karena pemakaian make up. 
Second cleanser: untuk memastikan nggak ada lagi kotoran yang tersisa, plus mengangkat sisa first cleanser.
Makanya, double cleansing-double toning ini biasanya gue lakukan malam hari aja, karena kalo pagi gue cukup pakai cleanser-tonernya Sariayu Martha Tilaar yang mawar :D

Jenis First Cleanser

First cleanser yang disarankan Kak Affi adalah yang berbentuk oil, balm, lotion, atau milk kayak Viva dkk. 
Kak Affi nggak menyarankan micellar water sebagai first cleanser, karena nggak cukup kuat mengangkat make up (bisa dilihat di video "Skincare Routine untuk Remaja dan Pemula"). 

Jenis Second Cleanser

Facial wash, facial foam, atau gel wash. 

Yang Gue Pakai

First cleanser: Cetaphil Gentle Skin Cleanser. 
Second cleanser: Sariayu Econature Gel Fash Wash.


www.dellafirayama.com

Untuk Cetaphil, gue punya pengalaman unik. Jadi, sebelumnya berkat racun Suhay, gue coba beli si Gentle Skin Cleanser ini. Emang nggak terlalu ada perubahan yang gimana-gimana sih, tapi karena nggak ada kerusakan yang terjadi juga, gue terusin. Nah, di tengah-tengah pemakaian itu kan, gue menang Giveaway-nya Beauty Journal Sociolla yang salah satu hadiahnya adalah Cetaphil ini 250 ml. Lumayan banget, kan. 
Jadi begitu botol pertama habis, gue lanjut pakai botol kedua ini. Awalnya juga nggak ada efek apa-apa. Eh terus tanggal 9-10 Januari kemaren, selesai pake kok muka terasa panas. Lama pula. Hari kedua malah sampe 45 menit baru mendingan. Agak ngeri sih, tapi besokannya gue coba lagi pakai cara basah. Selama ini gue kan, pakai cara kering: diratain ke seluruh muka sambil agak dipijat, terus diseka dengan kapas. Mungkin dua hari kemarin itu ada iritasi karena pemakaian kurang banyak atau gimana, soalnya pas menggunakan cara basah a.k.a dibasuh air, nggak panas lagi, tuh.
Jadi masih gue lanjut sampai hari ini, cuma ganti cara aja :) 
Gue juga pernah coba pakai Biore Make Up Remover Cleansing Oil sebagai first cleanser. Second cleansernya tetap Sariayu Econature Gel Fash Wash. Nah, hasilnya emang bagus bangeeeeeeeettt....
Akhirnya gue putuskan untuk pakai daily. Eh, masuk hari keempat gue purging, sodara-sodara. Ya udah gue berhentiin dan balik ke Cetaphil. Jadi pasangan Biore Make Up Remover Cleansing Oil-Sariayu Econature Gel Face Wash ini cuma gue pakai untuk hapus make up kondangan.


www.dellafirayama.com

Oiya. Kenapa gue pilih Sariayu Econature Nutreage Gel Face Wash-nya? Pertama, karena sejauh ini gue nggak pernah bermasalah dengan produk Sariayu. Kedua, ada iming-iming antiaging, he he he.... 
Sebetulnya baunya kurang enak. Mungkin karena fragrance-nya emang sedikit. Tapi busanya sedikit banget, suatu hal yang gue cari dari facial wash. Dan setelah dibilas, nggak ada tuh rasa cekit-cekit atau kayak ketarik-tarik di muka. Malahan muka jadi lembap dan halus. Me likey ^^ 

Sariayu Econature Nutreage Gel Face Wash


Sekarang, lanjut ke double toning. 
Nah, double toning itu sendiri terdiri atas exfoliating toner dan hydrating toner. Intinya, abis kulit muka di-exfoliate, terus dikasih sesuatu yang hydrating. Yes I know, it doesn't seem make any sense. Mendingan dari awal juga nggak usah dikasih apa-apa, ya nggak sih? Itu kan kayak abis disiksa terus dikasih hadiah. Kenapa nggak hydrate doang?

Kenapa harus pakai exfoliating toner?

Sesuai namanya, exfoliating toner berguna untuk exfoliate atau melepaskan sel kulit mati, juga untuk menyeimbangkan pH kulit yang berkurang pada tahap double cleansing.

Apa fungsi hydrating toner?

Lagi-lagi sesuai namanya, hydrating toner dimaksudkan untuk memberi kelembapan dan mempersiapkan kulit menerima tahap berikutnya.

Yang Gue Pakai

Exfoliating toner: Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion.
Kak Affi menyarankan beberapa produk untuk exfoliating toner. Karena kulit gue cenderung kering, gue pilih Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion. Gue cari yang jual share in jar-nya sih, karena biasalah, emak medit. Tau sendiri berapa kisaran harga skin care yang masuk videonya FD, wkwkwkwk....  
Kalo emang cocok, baru gue beli yang ukuran sebenarnya.
Awalnya, gue pakai 3x seminggu. Setelah nggak menimbulkan efek apa-apa, baru rutin gue pakai tiap sore sepulang kerja.

Hydrating toner: COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence.
Nah, yang ini gue nggak tau bener atau nggak nih, tapi karena Kak Affi bilang bahwa hydrating toner adalah toner yang mengandung hyaluronic acid dengan tekstur lebih kental dan memberi iming-iming hydrating/moisturizing, gue langsung inget COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence yang gue dapat dari giveaway yang gue sebut di atas. Jadi itulah yang gue pakai.
Oh iya, gue awalnya udah pakai COSRX ini sebagai toner selama dua minggu dan beneran terasa kulit lebih lembap dan kenyal. Abis itu, baru gue combine dengan Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion tadi. 
Setelah dua minggu pemakaian bareng, beneran emang kulit gue terasa jauh lebih bagus, baik dari segi kelembapan maupun kehalusan. 
Tapi harus diingat, tahapan double toning ini wajib diikuti ketelatenan memakai sunblock karena dengan melakukan double toning, kulit kita jadi lebih rentan terhadap UVA/UVB. 


www.dellafirayama.com

Kesan Keseluruhan 


Kalo baca-baca review, ada orang-orang yang udah merasakan (plus melihat) perbedaan yang terjadi di kulit mereka sejak hari pertama mempraktikkan double cleansing-double toning ini. Buat gue, perbedaannya baru tampak jelas pada minggu kedua. Ya namanya juga kulit orang beda-beda :)
Gue bersyukur akhrinya memutuskan untuk mencoba empat langkah yang awalnya terlihat nggak masuk akal ini, wkwkwkwk.... 
Muka jadi glowing, lebih kenyal.  
Btw abis ini gue mau coba pakai Pixi Glow Tonic ah, buat gantiin Hada Labo Tamagohada Mild Peeling-nya :p
Oh iya, di bawah ini gue sertakan link dari FD tentang double cleanser dan double toning, ya. Semoga membantu :)






8 komentar:

  1. Bokk, pixi glow baunya ga enak banget loh. Kayak bau cat apa bau yang kimiawi ga enak gitu. Gue sebelumnya kan exfoliating toner pake yang cosrx aha/bha itu, cuma setelah sebulan hasilnya sepoi-sepoi aja. Gak membaik pun gak breakout, kebetulan dapet hibahan pixi glow dalam bentuk share 20ml dari temen kantor jadi cobalah diganti menu skinkernya.

    Pas gue pake (coba sedikit dulu ga sampe lepek kapasnya) gateeell terus cekit-cekit kulit gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tidak! Gue baru baca komen iniiiiiii T^T
      Mana gue udah beli tuh Pixi. Emang belom gue pake sih, masih nunggu Hadalabonya habis dulu. Mudah-mudahan di gue ngaruh..

      Hapus
  2. FemaleDaily emang favorit ibu2 senusantara

    BalasHapus
  3. sekarang keknya semua lagi pada concern ke skincare yah.
    demi apaa saia jga baru nyadar sekarang, saat kulit nda lagi cucok sma yg simple2.


    btw,dah cobak pake Nature Republic mba del?
    shooting gelnya booming beud gegara racun si suhay jg tuw.
    bagus loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah, Chi. Di aku super lengket besokannya, nggak enak. Nggak suka. Cuma sekali pake, abis itu aku kasih orang :D

      Hapus
  4. gw pake chetapil ... tapi selalu cara basah. Belum pernah cara kering gitu.

    Jadi pingin nyoba cara kering juga deh

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)