Jumat, 26 Mei 2017

Make Up Mata yang Tahan Wudhu

Make Up Mata yang Tahan Wudhu

Hai semua, assalamualaikum :)
Mohon maaf sebelumnya, postingan ini mungkin akan berbau menggurui dan sok solehah. Jadi sebelum terlambat, nggak apa-apa kok kalau mau klik tanda X di kanan atas :) 


Sejak memantapkan diri untuk mengkhususkan blog ini pada dunia per-make up-an dan bikin Instagram khusus (follow dong follow) (ujung-ujungnya jualan :D), gue jadi rajin nonton youtube dan follow IG para byutibloger. Nah, sering gue baca komen orang yang nanya, "Mbak, mascara yang tahan wudhu merk apa ya?" Atau, "Kak, bikin review eyeliner yang tahan wudhu, dong."
Karena penasaran, gue telusurin deh tahan wudhu itu apa, sih. Ternyata maksudnya walaupun kena air, tuh make up tetep on.
Masalahnya, apakah wudhu dalam keadaan bermake up itu sah?
Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus tau dulu keutamaan wudhu.


Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ وُضُوءَ لَهُ وَلاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى عَلَيْهِ
“Tidak ada sholat bagi orang yang tidak berwudhu. Dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah ta’ala atasnya.” (HR. Abu Dawud, disahihkan al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud [1/179] as-Syamilah)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« إِذَا تَوَضَّأَ الْعَبْدُ الْمُسْلِمُ – أَوِ الْمُؤْمِنُ – فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنَيْهِ مَعَ الْمَاءِ – أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ – فَإِذَا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِنْ يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ الْمَاءِ – أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ – فَإِذَا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلاَهُ مَعَ الْمَاءِ – أَوْ مَعَ آخِرِ قَطْرِ الْمَاءِ – حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيًّا مِنَ الذُّنُوبِ ».
“Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, kemudian dia membasuh wajahnya maka akan keluar dari wajahnya bersama air itu -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan pandangan kedua matanya. Apabila dia membasuh kedua tangannya maka akan keluar dari kedua tangannya bersama air itu -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua tangannya. Apabila dia membasuh kedua kakinya maka akan keluar bersama air -atau bersama tetesan air yang terakhir- segala kesalahan yang dia lakukan dengan kedua kakinya, sampai akhirnya dia akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim dalam Kitab at-Thaharah)
Adapun syarat-syarat (sahnya) wudhu adalah sebagai berikut: (1). Islam, (2). Berakal, (3). Tamyiz (dapat membedakan antara baik dan buruk), (4). Niat, (5). Istishab hukum niat, (6). Tidak adanya yang mewajibkan wudhu, (7). Istinja dan istijmar sebelumnya (bila setelah buang hajat), (8). Air yang thahur (suci lagi mensucikan), (9). Air yang mubah (bukan hasil curian -misalnya-), (10). Menghilangkan sesuatu yang menghalangi air meresap dalam pori-pori. 
Jadi, saudari-saudariku sesama pecinta make up, salat kita nggak sah kalau wudhunya nggak sah karena air wudhu yang seharusnya mengusap mata kita itu gagal ditembus, terhalang mascara/eyeliner waterproof kita.
Terus gimana dong?
Gampang, kok. Menjelang salat, bersihkan dulu mata yang menggunakan make up waterproof sampai bersih. Nggak mau kan terlihat cantik di mata manusia tapi nggak di mata Alloh? (eciye solehah bener dah ah....)
Eh gue nggak akan nerusin dengan kalimat, "Makanya lebih baik nggak usah dandan, yang natural aja." 
Nggak lho ya. Cantik natural itu cuma ada di bayi sampai anak SD. Selepas itu, kalian butuh perawatan kulit, wkwkwkwk.... (pendapat pribadi ofkors)
Gue juga gitu, kok. Awalnya emang males sih, udah cantik-cantik pake eyeliner, mascara, terus pas denger azan buru-buru bersihin, terus wudhu, salat, terus pake lagi (kalo mau. Gue sih biasanya abis zuhur ya bablas, nggak pake make up mata lagi). Tapi coba deh baca janji Alloh yang ini:


Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« أَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللَّهُ بِهِ الْخَطَايَا وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ ». قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ « إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ وَانْتِظَارُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ ».
“Maukah kutunjukkan kepada kalian sesuatu yang dapat menjadi sebab Allah menghapuskan dosa-dosa dan meninggikan derajat.” Mereka -para sahabat- menjawab, “Tentu saja mau, wahai Rasulullah.” Maka beliau menjawab, “Yaitu menyempurnakan wudhu dalam kondisi yang tidak menyenangkan, memperbanyak langkah menuju masjid, dan menunggu sholat berikutnya sesudah mengerjakan sholat, maka itulah ribath.” (HR. Muslim dalam Kitab at-Thaharah)

Lagian nggak susah kok bawa eye make up remover ke mana-mana, beli aja yang ukuran kecil, terus kapasnya masukin secukupnya ke plastik kecil. 
Atau beli wadah botol kecil, dijual bebas kok. Terus pindahin make up remover kamu ke botol itu. 
Oh iya, sebetulnya ini juga berlaku untuk lipstik dan semua make up wajah yang kasih embel-embel waterproof. Pokoknya, kalau dia nggak hilang dibasuh air, maka dia harus dibersihkan total sebelum wudhu.
Atau berwudhu dulu, baru dandan. Itu juga kalo nggak keburu kentut atau pipis sampai waktu salat berikutnya yakk :D
Jadi, mari tampil cantik di hadapan manusia maupun di hadapan Alloh ya, bloggies. Wallahu a'lam bisshowab.
Selamat menyambut Ramadan  ^_^




On a side note, religion is everyone’s own personal journey.  Don’t judge others who may not be as far a long as you are.  🙂





Sumber : 
http://sunnatain29.blogspot.co.id/2013/03/hadits-hadits-pilihan-bab-wudhu.html
https://muslim.or.id/85-fiqih-wudhu.html
Quote paling bawah diambil dari saudibeautyblog.com

4 komentar:

  1. aku klo pake make up mata, selalu luntur meskipun waterproof. hahaha ga ngerti selalu gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus berarti, daripada nggak luntur-luntur. Kebayang kan bahannya apa.. (-_-")

      Hapus
  2. aku selalu pke maskara.. tidur juga kadang udah males bersihin, kan bersihin maskara susah ya.. tapi klo gak pke maskara mata aku aneh, besar doang hahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake eye make up remover dong Mil :D

      Hapus

Mau komen? Silakan :)