Jumat, 30 September 2016

Rabu, 28 September 2016

Hotel Horison Semarang

Hai hai, kita ketemu lagi nih, bloggies.
Gue hari ini mau posting sedikit aja tentang kota Semarang. Di kota ini banyak banget bangunan bersejarah, mulai dari Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Masjid Agung, Gereja Jawa Tengah, Pagoda Buddhagaya Watugong, dan masih banyak lagi.
Tapi yang mau gue bahas di sini cuma Lawang Sewu, salah satu wisata sejarah yang ada di Semarang.

Lawang Sewu
Lawang Sewu
Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Lawang sewu. Mungkin bangunan ini sudah cukup lumayan terkenal ya, di telinga masyarakat kita. Meskipun terkenal dengan keangkerannya, nggak ada salahnya kalau kamu mengunjungi salah satu gedung bersejarah ini. Kamu nggak perlu takut karena tempat ini ramai pengunjung kok, dan jika malam pun kamu mungkin akan tetap menemui orang yang berwisata, bahkan untuk foto pre-wedding.

Lawang Sewu
Lawang Sewu
Sumber : keluargabiru.com

Dalam bahasa Indonesia, Lawang Sewu artinya seribu pintu. Apa benar pintu di sini ada 1000? hahaha, enggak kok, nyatanya bangunan ini hanya memiliki 429 buah lubang pintu. Nah, terus kenapa ya guys, bangunan ini disebut seribu pintu? Hal ini karena bangunan ini memiliki banyak sekali jendela yang besar dan lebar sehingga masyarakat sering menganggap bahwa  itu adalah pintu.
Awalnya, gedung ini dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907, dengan arsitek Prof Jacob F Klinkhamer dan B.J Ouendag dari Amsterdam. Gedung ini awalnya didirikan sebagai Kantor Pusat Kereta Api Belanda yang disebut Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS).
Setelah beroperasi selama beberapa tahun, gedung ini mengadakan perluasan kantor pada tahun 1916 hingga 1918. Hmm, nggak heran ya kalau gedung ini megah banget.
Setelah itu, gedung ini pun menjadi saksi bisu atas kekejaman penjajahan Jepang. Pada masa itu, lantai bawah tanah gedung ini dijadikan sebagai penjara dan tempat penyiksaan untuk tahanan Belanda.
Dan gedung ini pun menjadi saksi bisu pertempuran antara Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Jepang saat berusaha untuk mengambil alih kereta api. Ada belasan pemuda terbunuh di gedung ini, dan lima di antaranya dimakamkan di halaman gedung ini. Namun, pada tahun 1975, jenazah-jenazah tersebut dipindahkan ke  Makam Taman Pahlawan.
Di depan Lawang Sewu didirikan monumen untuk memperingati mereka yang gugur di pertempuran yang dikenal dengan nama Pertempuran Lima Hari.

Lawang Sewu
Tugu Muda dan Lawang Sewu
Sumber : miner8.com

Setelah mengunjungi gedung ini, kamu bisa ke tempat bersejarah lainnya. Tapi sebelum meneruskan perjalanan, kamu bisa mencari penginapan di Semarang untuk beristirahat. Sekitar 1,5 kilometer dari Lawang Sewu terdapat hotel yang recommended banget untuk menginap, yaitu Hotel Horison Semarang. Hotel ini berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.2, Simpang Lima, Semarang.

Hotel Horison Semarang
Hotel Horison Semarang
Sumber : petra2011.net

Hotel ini termasuk dalam kategori hotel bintang empat, jadi kenyamanannya nggak perlu diragukan lagi. Hotel ini memiliki beberapa tipe kamar yang bisa kamu pilih seperti Royal Suite, Horison Suite, Executive Suite, Junior Suite, Horison Club, Deluxe dan Superior. Kamar-kamar ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang akan mendukung kenyamanan kamu. Nggak nyesel deh kalau menginap di sini.

Hotel Horison Semarang
Royal Suite
Sumber : horison.horison-group.com/semarang

Hotel Horison Semarang
Junior Suite
Sumber : horison.horison-group.com/semarang

Hotel Horison Semarang
Horison Club
Sumber : horison.horison-group.com/semarang

Hotel Horison Semarang
Deluxe Room
Sumber : horison.horison-group.com/semarang

Hotel Horison Semarang juga menyediakan beberapa fasilitas seperti restoran, bar, spa dan salon, pusat kebugaran, fasilitas bisnis, penitipan anak, kolam renang anak, kolam renang indoor, pancuran dan fasilitas hotel mewah pada umumnya.

Hotel Horison Semarang
Restoran Cina Golden Dragon
Sumber : Traveloka
Hotel Horison Semarang
Kolam Renang
Sumber : Traveloka

Puas istirahat, kamu bisa lanjutin keliling Semarang, deh. Yuk jalan-jalan ^^

Jumat, 23 September 2016