Kamis, 19 Desember 2013

Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya dan Semusim, dan Semusim Lagi

"Jika ada buku yang benar-benar ingin dibaca, namun belum pernah ditulis, maka Anda sendiri yang harus menulisnya." Toni Morrison

Kalo gue boleh nambahin, gue akan bilang, "Bersabarlah, kelak akan ada yang menuliskannya untukmu," hehehehe....

Sebetulnya, dua novel ini udah gue beli 29 Juni 2013 kemaren tapi blom sempet-sempet mo gue tulis di sini. Jangan dianggap review ya, ini cuma kesan gue pribadi (eh itu termasuk review bukan, sih?)
Ya udahlah ya, enggak penting juga. Pokoknya, gue beli dua novel ini karena mereka sama-sama Pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2012 dan gue emang ngoleksi novel-novel pemenang DKJ, walaupun koleksi gue juga enggak lengkap, sih.
Semusim, dan Semusim lagi karya Andina Dwifatma adalah pemenangnya, sedangkan Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya karya Dewi Kharisma Michellia adalah pemenang unggulan. 
Dua-duanya adalah jenis novel yang pengin banget gue tulis.
1. Dua-duanya sama-sama menggunakan tokoh aku yang sampai akhir cerita enggak ketahuan namanya (aaaaaaaaahhh... cinta banget, deh xD)
Soalnya, gue selalu bingung nentuin nama tokoh. Itulah makanya gue salut sama penulis ber-genre teenlit atau chicklit, nama tokoh-tokoh mereka selalu unik dan bagus. Untuk dua novel gue kemaren aja, gue izin pake nama sahabat-sahabat gue. Untung mereka ngebolehin.
2. Dua-duanya tentang cewek introvert, jenis yang enggak bisa gue mengerti, berhubung gue ekstrovert. Dan gue selalu tertarik dengan novel-novel yang menyelami jalan pikiran mereka. Serasa masuk ke tubuh orang lain dan menjalani hidup mereka sepanjang satu buku :) 

Kalo dibaca di Goodreads, banyak yang kecewa pada Surat Panjang karena menurut mereka, cintanya terlalu ABG untuk ukuran perempuan usia 40-an. Menurut gue sih, enggak, ya. Bukannya kalo cinta pada usia berapa pun, akan terasa sama? 
Kekurangan yang gue tangkep dari novel ini justru pada narasinya yang kadang kedodoran pada bab-bab saat surat-suratnya dituliskan orang lain. Terlalu naratif. 
Dan saat bagian kartu pos di bagian awal. Terlalu panjang untuk surat yang ditulis dalam sebuah kartu pos.
Tapi itu doang kayaknya. Selebihnya, gue sangat menikmati. Gue bahkan sempet stalking ke tempat-tempat yang disebut si aku, cuma untuk ngeliat tokoh itu beneran ada enggak, sih? Saking hidupnya kesan yang dia timbulkan. Terus, beneran ada enggak? Cobalah stalking sendiri, ya *enggak mo rugi*
Dan tau, enggak? Orang-orang yang bilang kecewa itu menuntaskan buku ini sampai selesai. Berarti? Sekecewa-kecewanya, buku ini masih tetap sayang untuk diletakkan gitu aja begitu kita merasa enggak sreg pada bagian awal.

Semusim, dan Semusim Lagi, bercerita tentang aku yang baru lulus SMA, tau-tau dapet surat dari ayahnya yang selama ini enggak dia tau kabarnya. Pergilah dia menemui ayahnya. Dan cerita pun dimulai :)

Bukan pemenang DKJ kayaknya kalo ending-nya enggak tragis. Ini gue kasih spoiler ya, buat penyuka happy ending, usah berharap banyak. Etapi Semusim, dan Semusim Lagi kayaknya cukup happy ending, kok. Ya happy ending yang tragislah, ya, ahahahaha....
Yang selalu gue suka dari pemenang DKJ adalah rasa nyesek yang muncul begitu buku ditutup. Sayembara DKJ sendiri diadakan tiap dua tahun sekali. Enggak sabar rasanya nunggu karya pemenang yang 2014 ;)

28 komentar:

  1. Ngomongin novel, udh lama bgt gak baca novel. Rencananya mau baca novel pas libur akhir taun ini... tp gak tau deh bakal sempet gak. Haaha

    BalasHapus
  2. Kei aja gw ga maju2 bacanya Deeeeel, ada kekhawatiran tersendri gitu, penasaran sekaligus takut *halah*. Kapaaan ya jadi pemenang novel DKJ? *mari berkhayal* qiqiqiqiqi

    BalasHapus
  3. Deeeel, nama gw kok gak ada di novel lu kmrn? *hahahaha *kepedean *sokdeket
    Aih-aih. Jadi penasaran deh sama novel-novelnya

    BalasHapus
  4. @danirachmat

    santai dan .... nama gw juga gak ada kok

    *sapelode!*

    BalasHapus
  5. @Arman Mudah-mudahan sempet, Ko. Bacanya harus bareng Emma terus difoto terus diposting, yaaaa.. *teteup*

    BalasHapus
  6. @rindrianie Oh, Kei tragis juga, kok. Tragis yang hepi en, Rin. Tenanglah.
    Btw, gimana kalo lu coba yang tahun 2014 nanti? ;)

    BalasHapus
  7. Mbaaa,jadi pengen bacaaaaaa..
    #dari judulnya aja suka

    BalasHapus
  8. Mau donk jadi tokoh novelnya mbak della xixixix #ngimpisiangbolong
    Btw, novelnya tampak seru buat dijajal bisa masuk list ini... :)

    BalasHapus
  9. aku rela kog nama ku dipake buat novel ihiy

    BalasHapus
  10. @masrafa.com Ah, kalian ini. Makanya doain dong ini nopel ketiga dan selanjutnya segera kelar, hehehe..

    BalasHapus
  11. @ayu Pasti suka yang Surat Panjang ya, Yu? ;) Aku juga soalnya :D

    BalasHapus
  12. duh penasaan banget pengen nonton

    BalasHapus
  13. awalnya pengen baca novelnya. tapiii gegara spoiler yang bilang endingnya tragis, jadi ga pengen lagi -_-

    btw, yang baku itu 'usah' ya? kalo 'tidak usah' jadi salah artinya? gitu?

    BalasHapus
  14. @berkah Ketauan nih orang gk baca postingan gue.

    BalasHapus
  15. @Millati Indah Ah, alesyan kamuh :D
    Usah kan emang baku, Mil :D
    Yang bener tidak usah, kok. Ini cuma lagi pengin sok-sok nyastra aja :p

    BalasHapus
  16. jadi ending2nya agak dark gitu ya? aduh, aku udah berapa bulan gak baca novel. sempet beli tapi gak sempet dibaca :( tahun depan mudah2an bisa baca lebih banyak lagi :D

    BalasHapus
  17. @dunia kecil indi Enggak dark juga sih, Ndi. Cuma nyeess.. gitu rasanya di hati. Kalo dark kayaknya yang Dadaisme deh, pemenang DKJ 2003. Itu keren xD
    Aamiin.. mudah-mudahan taun depan lebih baik, ya :)

    BalasHapus
  18. Ambil nomor antrian peminjaman, Teh Della.. saya ddapet nomer berapa??

    BalasHapus
  19. mikir2 dulu saya kalau baca novel yang endingnya tragis hehehe

    BalasHapus
  20. @Riski Fitriasari Nomor satu, Mak. Ambilnya di kantor, ya. Yuk sini yuuuukk.. :)

    BalasHapus
  21. @myra anastasia Itulah Chi, makanya aku kasihin spoiler, hehehe..

    BalasHapus
  22. saya jg punya novelnya.. :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)