Selasa, 04 Juni 2013

IUD dan Spotting

Kalo emak-emak, kayaknya udah akrab ya, dengan alat kontrasepsi? Apa yang emak pilih? 

Kalo gue pilih IUD (Intra Uterine Device) atau lebih dikenal dengan spiral. Ini juga yang gue pakai untuk memberi jarak antara Nadya dengan Zaidan.
Dan Sabtu lalu, tanggal 1 Juni 2013, gue memutuskan untuk pasang lagi. Kali ini bukan di RS Jakarta tempat gue ngelahirin Zaidan, tapi di RS Pelni. Biar lebih deket dari rumah :D 
Karena seinget gue, habis pasang spiral waktu Nadya itu, badan gue pegel ampun-ampunan dari pinggang sampe betis. Padahal hari itu pulang-pergi sendirian. Selaen itu, kalo dari RS Jakarta kan, deket banget ke Pelangi. Tinggal ngegelinding. Godaan nan berat di awal bulan. Dan biasanya kalo ngemol tuh, gue lupa segala sakit-pedih-perih. Udahannya baru terasa. Mungkin ngemol bagi tubuh gue itu rasanya sama kayak pain killer, wkwkwkwk....
Ah tuh kan gue ngelantur ke mana-mana.  
Nah, karena Zaidan itu udah enggak ekslusif nyusu, sebetulnya gue udah haid waktu bulan Februari. Tapi abis itu enggak lagi. Makanya kemaren pake acara USG segala, dua kali pula, USG perut dan USG cocor bebek.. hixs..
Setelah rahim dinyatakan bersih, baru deh, pasang IUD. Yang gue pake itu yang Copper T, katanya sih tahan 5-8 tahun. Efek samping tentu ada ya, kayak perubahan siklus haid pada 3 bulan pertama, haid jadi lebih lama dan lebih banyak, kadang-kadang terjadi pendarahan (spotting) diantara masa menstruasi
Dan bener, Sabtu sorenya, gue spotting, yaitu bercak darah warna merah segar gitu. Jadi emang beda warnanya dengan warna haid. Dan sedikit banget keluarnya. Tapi cair, bukan flek.
Kenapa spotting bisa terjadi?
Karena bahan dasar IUD yang padat, bisa aja bergesekan dengan dinding rahim dan menimbulkan luka. Itu juga yang bisa membuat haid jadi lebih lama dan banyak.
Kata dokter sih, spotting bisa hilang dalam 2-3 hari. Emang bener, hari ini juga udah dikit. Dan sesuai dengan ilmu fikih, darah kayak gini bukan termasuk darah yang membebaskan kita dari salat dan puasa ya, Kakak. Cukup bersihkan aja darahnya (ganti pembalut/celana dalam), terus wudhu dan salat seperti biasa. Tapi kalo darahnya keluar lagi saat kita salat, berarti wudhunya batal. Harus wudhu dan salat lagi :) 
Spotting yang harus diwaspadai adalah yang volumenya banyak dan lebih dari seminggu. Atau kalo ada keputihan yang warnanya ijo dan kental, soalnya itu berarti ada infeksi. Kalo terjadi yang kayak gini, mending buruan ke dokter.
Gue pribadi lebih memilih IUD karena sifat dasar gue adalah pelupa, jadi enggak mungkin gue minum pil. Suntik juga gue ogah. Kalo pake "konde", itungannya per bulan jadi mahal ya Bo, mending uangnya buat beli yang laen :D 

Oh iya, buat yang mau ikutan GA berhadiah uang tunai Rp100.000,00 buat 5 orang pemenang, masih ditunggu sampai tanggal 15 Juni 2013, ya. Ketentuannya ada di sini :)

53 komentar:

  1. Iya Mak terkadang bete juga sering mengalam spotting, keseel deh. TApi untung sebelomnya si Dokter udah ngasih tau kalo kb IUD bakalan begini begitu. Alhamdulillah cucok pake IUD niy, baru awal tahun aku ganti yang baru :D

    Pokoknya hidup IUD..
    lebih aman dan tentram..

    tapi masih aja deg2an kalo menjelang tanggal M< ko belom dapet2 aja ya :D

    BalasHapus
  2. saya udah punya anak 2, malah baru tahu qiqiqiqi kuper banget ya gua hehehe...

    BalasHapus
  3. pertanyaan gw, waktu lepas iud sakit gak mak?
    ini sekarang gw lagi menguatkan hati utk lepas si copper T itu ;)

    BalasHapus
  4. ngilu aku bacanya, sumpah -____-"

    BalasHapus
  5. Hiks..aku yang termasuk ngalami spotting lebih dari seminggu. Jadi malah gak nyaman karena hampir tiap hari ngefleeek mulu.
    Jadinya baru pake beberapa bulan langsung lepas lagi :D
    Rasanya pas dilepas? ... lumayaaan lhaa... kekekek..semriwing2 gitu deh rasanya. Ahahahah.

    BalasHapus
  6. @Nchie Hanie Iya, aku juga karena males yang rutin-rutin, Mak. Kalo ini kan sekali pake, beressss :D

    BalasHapus
  7. @keluarga Qudsy Rasanya itu kayak *sebagian teks hilang*

    BalasHapus
  8. @UuL Iya Ul, bener. Alat kontrasepsi pun jodoh-jodohan ya :D

    BalasHapus
  9. whoaaa..
    berhubung aku orang nya sanget cemen...
    jadi nya pake pil aja...hihihi..

    resikonya kalo lupa minum pil, ya puasa dulu aja kali yah...hihihi...*istri durhaka*

    BalasHapus
  10. ah gw takut pk spiral, ogah minum pil, takut disuntik, lengkap deh gw.. mgkn nti klo abis ade nya millie br gw pikirin lg pk spiral kynya hahahaha

    BalasHapus
  11. *tarik nafas* bacanya ikut ngilu duluan mba T__T

    akkhh, untung diingetin lombanya, akukan pengen ikutan *siap2 kamera buat gaya* :D

    BalasHapus
  12. duh...kok serem gw bacanya ya Del hihihi. dan gw blom ngeh 'konde' apaan >_<

    BalasHapus
  13. ngilu ngilu gimanaaa gitu bayanginnya, aku mah cemen banget sama kek bi Erry.. ga berani pakai IUD

    BalasHapus
  14. HAhahaaaaaa
    Ini pada omongin masalah wanita ya?
    Salah kamar deh kayaknya.

    *Tutup mata
    *Tutup telinga

    *Kaburrrrr ahhhhhhh......

    BalasHapus
  15. Mama Della, aku bacanya kok ngilu yaaaaaaaaaa... Itu pasangnya gimana sih? Sakit gak? Aduh takuuuuut entar kalo jadi ibu-ibu. Hehe, tapi kan nggak wajib juga kan yah pasang kontrasepsi? :o

    BalasHapus
  16. aku masih takut mau pasang IUD....ngga pake KB malahan hihihi. tapi dulu mau hamil pertama kan susah banget jadi berharap aja itu jadi KBnya.

    BalasHapus
  17. sekali konde tetep konde !!! hihihi ;p

    gue masih akan menjadi fans berat konde nampaknya ;)

    Alhamdulillah yang kemaren ditakutkan ternyata ga terjadi ya bok...ahiyyyy...;p

    BalasHapus
  18. Wah semangat.... IUD sepertinya pilihan yg efek sampingnya minimal... terimakasih sdh berbagi kisah, salam kenal mbak

    BalasHapus
  19. gegara akunya nggak beranian, pilih suntik ajah kali ya. yang tiga bulan, soalnya si arya masih menyusui. dan, nggak haid. :D

    BalasHapus
  20. berat bagi nih topiknya mbak...
    mbak della, sakit nggak waktu dipasangi alat kontrasepsi itu? hehe...
    pengen tahu aja sih, kan aku belum nikah... ^_^

    BalasHapus
  21. Eh, gw baru tau loh tentang IUD ini. Udah sering denger namanya sih. Tapi ternyata kaya gitu toh...
    Emang ga mau bikin dedek lagi Del?? Yakin nih?? Kalo lucu2 kaya anak-anak lo sih gw mau aja punya lagi... hihihi^^

    BalasHapus
  22. akhirnya.... sudah ya bukk....
    aku belum, bingung kapan memutuskan harus pasang :p
    dan belum berani juga sihhh :p

    BalasHapus
  23. Sama aku pakai IUD juga.. Spottingnya pas awal2 doang.. Alhamdulillah sekarang dah enggak...

    BalasHapus
  24. MOga cucok pake IUD ya Del. gue pun pakai IUD. nanya sama 3 dokter pada nyaranin IUD. yasud eikeh pasang pas sesar Daanish 22bulan yg lalu hehe..

    BalasHapus
  25. sedikit ngeri bacanya mbak, tapi lumayan buat pengetahuan.

    BalasHapus
  26. Anak pertama lahir aku pake kb suntik cocok aja sih cuma lima tahun make ngga pernah mens enaknya kalo puasa bisa poll terus habis anak kedua aku ganti IUD Alhamdulilah sampe sekarang udah ganti yg baru,...maklum emak preman abis pake pulangnya naik motor sendiri untung aja ngga kenapa kenapa,emang siiy keluhannya ya spotting itu apalagi aku suka lupa ngangkat yg berat berat kayak karung beras barbel...gt...hihihi emang anak 2pm apa...lud lebih murah,lebih aman, cuma harus cek up setahun sekali

    BalasHapus
  27. aku juga pake IUD dengan alasan sama :P sudah 2 kali, hehehe....

    so far gak ada keluhan aneh-aneh, masih biasa aja, jangan sampe deh!

    BalasHapus
  28. blom ngerti masalah beginian :D

    BalasHapus
  29. @Bibi Titi Teliti Pake pil dan Teteh tetep kurus gitu? Mitos dong ya yang bilang pil bikin gemuk. Hmmmm.. *mulai mikir*

    BalasHapus
  30. @Yeye Hihihi.. boleh, boleh :D

    BalasHapus
  31. @dian_ryan Ayo dong Dian, masih ditunggu ni fotonya ;)

    BalasHapus
  32. @rindrianie Obrolan orang dewasa soalnya, Rin *benerin kerah*

    BalasHapus
  33. @Bunda Kanaya Ngilunya sebentar kok, Rin *cari temen*

    BalasHapus
  34. @Desi Iya, Des. Alhamdulillaaaaaaahhh..

    BalasHapus
  35. @Miss Rochma Aku malah suntik yang enggak berani, Ma :D

    BalasHapus
  36. @Candela Berat biaya sekolahnya, Yan :D

    BalasHapus
  37. @Nophi Pake "konde" dulu dong :D

    BalasHapus
  38. @Ladyonthemirror Iya, murah ya, Nia. Eh tapi ggp tu angkat-angkat beras? Mestinya minta tolong sama Chan, dong ;)

    BalasHapus
  39. @Elsawati Dewi Mudah-mudahan berguna ya, Elsa :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)