Senin, 22 April 2013

Senja Milik Sandra

Mei, 2009
Tinta Cinta Sitti Hawwa lahir ke dunia.


 
Waktu itu, gue nulis novel ini terinspirasi kisah nyata seorang sahabat yang menghilang karena terlibat dalam suatu aliran sesat. Waktu itu, gue agak-agak depresi karena gue melewati prosesnya. Maksud gue, waktu dia tanya-tanya tentang ayat ini-ayat itu, dia tuh nanya-nanyanya ke gue. Dasar guenya enggak ngerti, dan emang waktu itu juga enggak tau ada aliran itu, gue jelasin sejauh yang gue tau. Terus dia bilang, bukan kayak gitu yang diajarin guru ngajinya. Dia pun ngasihin gue catatan-catatan yang dia dapat dari pengajiannya itu dan ngajak gue ikutan ngaji. Karena waktu itu gue udah punya guru ngaji sendiri dan karena gue berpendapat bahwa satu guru itu cukup, gue enggak mau ikut. Enggak lama dari situ, dia menghilang. Bener-bener hilang sampai sekarang. 
Gue merasa kecolongan. Apa lagi waktu dengar ceritanya langsung dari ibunya. Ya Alloh, gue sedih banget. Berdasarkan catatan-catatannya yang gue pegang *tapi belakangan gue bakar, sih. Gue ngeri* dan studi pustaka serta sedikit investigasi, gue tulislah Tinta Cinta Sitti Hawwa itu. Saat itu, gue cuma pengin banyak orang tahu tentang aliran ini dan supaya enggak ada lagi Sitti Hawwa-Sitti Hawwa lain di dunia itu. Dan karena satu-satunya cara yang gue tahu adalah dengan novel, gue tulislah novel. Gue mulai riset tahun 2002. Novelnya selesai bulan Desember tahun ... 2008 *tutup muka* 
Dan langsung gue kirim ke Serambi karena sejak mereka menerbitkan naskah Dan Brown, gue tahu inilah penerbit yang cocok buat gue. Eh bener, dua hari kemudian, gue ditelepon. Naskah gue dinyatakan diterima, walaupun oleh imprint-nya, Penerbit Zaman. Setelah terbit, ya udah. Gue sama sekali enggak minat mau nulis lagi. Dan berdatanganlah e-mail-e-mail itu. Semuanya nanya, kapan sekuelnya terbit. Ya Tuhan, gue sama sekali enggak niat bikin sekuel! Tapi e-mail terus datang. Akhirnya, gue pikir, gue mau bikin novel lepas aja, tapi tokohnya diambil dari novel pertama gue itu. Sandra. Sahabat Sitti Hawwa. Jadi gue mau bikin kalau sahabatnya itu sudah bisa move on. Enggak ada hubungannya sama sekali dengan Sitti Hawwa. Ealah, tahun 2011, masih aja gue terima e-mail yang tanya kapan gue mau buat sekuel. Ya udah, deh. Berasa diteror, naskah Sandra yang sudah 80% rampung itu, terpaksa gue rombak lagi. Setahun kemudian, naskahnya selesai. Dan karena memang cuma gue niatin buat mereka yang minta dibikinin sekuelnya, gue juga enggak berniat menerbitkannya di bawah 'bendera' penerbit mana pun. Gue pilih nerbitin lewat www.nulisbuku.com karena prosesnya gampang dan adminnya helpfull banget, bener-bener asik buat kerja sama. Apalagi gue udah niat banget mau minta bikinin covernya sama Mayya. Alhamdulillah Mayyanya bersedia :)

April, 2013
Senja Milik Sandra lahir ke dunia. 
 
 
Tapi walaupun sekuel, novel ini bisa dibaca tanpa membaca Tinta Cinta Sitti Hawwa, kok :)
Oh iya, walaupun diterbitin www.nulisbuku.com, novel ini bisa juga dipesan di dirayya (dot) publisher (at) gmail (dot) com. Harga Rp45.000,00. Ada diskon 10% sampai 15 Mei 2013. Setelah itu, harganya balik ke harga semula. Adminnya temen gue juga. Dia yang urus semua pembelian :)
Cuma mau bantu mempermudah temen-temen aja sih, soalnya nulisbuku itu kan, penerbitannya di Surabaya gitu, jadi ongkir Jakarta aja bisa 13 ribu sendiri. Agak berat kalau menurut gue, sih. Udah gitu, masa tunggunya 7-10 hari kerja. Makanya kami berinisiatif beli beberapa eksemplar di muka. Jadi, begitu ada yang transfer, bisa langsung dikirim. Ongkirnya juga lebih ringan :)
Tapi kalau stok yang kami punya sudah habis, silakan beli sendiri di www.nulisbuku.com, ya :)
Jadi, yang minta sekuel, tuh, sudah gue bikin, ya. Sekarang, biarkanlah gue move on dengan tenang....

56 komentar:

  1. klo gw pesan dpt bonus tandatangan penulisnya gak? ;)

    BalasHapus
  2. Sama Del, bisa dapet tanda tangan penulisnya ga? :D

    BalasHapus
  3. waaa congrats yaaa... :)

    BalasHapus
  4. aku maunya tjap bibir. karena tanda tangan terlalu menstrim :P

    BalasHapus
  5. aku minta tjap apa ya enaknya... :p
    perjalanan panjang yaaa..

    BalasHapus
  6. Mau jg dong dikasih gratis ttd nya mbak Della :p

    Makk, gw blm email, lupa euy :(

    BalasHapus
  7. Selamat mbak akhirnya lahir juga sekuelnya..

    Aku belum baca yang Tinta Cinta Sitti Hawwa..

    Penasaran..

    BalasHapus
  8. Wahh..mantabs sekali ini mbak Della. Jadi penasaran sama bukunya.. ^^
    cap kaki (tiga) muat gak ya? :D

    BalasHapus
  9. hihihi jadi inget kita tadi bbm-an yak.. ;p

    pokoknya gue harus punya ini novel..heuheu

    BalasHapus
  10. selamat ya Del... penapsaran pengen baca euy....

    BalasHapus
  11. Horeee dapet email dari Dirayya kalo besok katanya Senja Milik Sandra yang gw pesen bakalan dikirim.

    Dell, GW MINTA VERSI TANDATANGAN!

    Awas lho kalo gak. gw samperin ke rumah. #tipikal penggemar psyco gitu deeh.

    BalasHapus
  12. wah dirimu hebat Del...sudah imut, cantik..... *kentara gak njilatnya?
    etapi beneran deh...cantik...imut.....mbak kuliah dimana?

    BalasHapus
  13. Selamat Ya Del, dan itu foto-foto yang terakhir kenapa jadi penulisnya yang menonjol yaa bukan novel barunya?? *ngarep dilempar novel baru*

    BalasHapus
  14. Selamat Ya Del, dan itu foto-foto yang terakhir kenapa jadi penulisnya yang menonjol yaa bukan novel barunya?? *ngarep dilempar novel baru*

    BalasHapus
  15. iya, pengen pesen yang ada ttd penulisnya dong mba :D

    BalasHapus
  16. Yeay, udah pesan bukunya ke Dirraya, mudah2an segera konfirmasinya.

    mba mba bisa minta tanda tangannya ga dibukunya? :D

    BalasHapus
  17. @keluarga Qudsy Kalo pesennya lewat dirayya, dapet, Mak ;)

    BalasHapus
  18. @danirachmat Idem sama jawaban ke Mak Yani, Dan :D

    BalasHapus
  19. @ndutyke Tjap bibir juga bisa, Mem. Mau warna merah atau fuschia? Hihihi..

    BalasHapus
  20. @Yeye Sejak kapan ih gue dipanggil Mbak sama Yeye? (-__-")

    BalasHapus
  21. @UuL Hadeh.. kalo cap tiga jempol aja, mau? :D *nawar*

    BalasHapus
  22. @Indah Kurniawaty Apa gk usah tanda tanganin ya? *minta disamperin*

    BalasHapus
  23. @silulak Hihihi.. ih Lulu.. *lemparin hello panda*

    BalasHapus
  24. @emaknyashira Sengaja, Ty. Nama pun emak narsis, wkwkwk..

    BalasHapus
  25. @Bunda Kanaya Tengkyu, Rin. Ayo ayo baca :)

    BalasHapus
  26. Mauuuuuu... Mau yang Sita Hawa, mau yang Sandra.. Beneran ^^
    Sekalian sama tanda tangan penulisnya :*

    BalasHapus
  27. ada kuis gak hadiahnya buku gratis ? hehehe beli ah nunggu gajian ya, kerja gak nunggu gaji :-D

    BalasHapus
  28. Temen kuliah aku dulu juga banyak tuh yg terlibat aliran sesat gitu dan menghilang.. Ngeri ya klo gitu.
    Aku mau donk beli bukunya mba, tp yg ada ttd nya

    BalasHapus
  29. @Annisa mulia Kirim e-mail aja Nis, ke dirayya(dot)publisher(at)gmail(dot)com ;)

    BalasHapus
  30. @Mila Said Iya, Mil. Ngeri banget.. T^T
    Buku berttd bisa dipesan di dirayya(dot)publisher(at)gmail(dot)com ;)

    BalasHapus
  31. Jadi, ampe sekarang sahabat mbak itu hilang? Baca ini jadi pengen nulis novel, tapi moodnya sering naik turun :(

    Mudah-mudahan laris manis ya mbak!

    BalasHapus
  32. temen aku jaman kuliah dulu ada tuh, yang sampai dibela-belain dibuatin tugas, dibelikan baju besar, biar masuk aliran begitu itu. sampai temanku nangis-nangis minta tolong biar kita-kita bisa menghalangi ketemuannya mereka.

    selamat Del, dah dua buku terbit :)

    BalasHapus
  33. jd pengen cepet2 baca bukunya

    itu crt yg aliran sesat serem juga, ya

    BalasHapus
  34. @Mayya Belum, May.. :'(
    Mood-ku juga turun naik, makanya nulis satu novel aja lama banget, ahahahaha..
    Amin, makasih doanya ;)

    BalasHapus
  35. @Miss Rochma Emang serem, Miss. Harus lebih care sama temen deh sejak saat itu.
    Makasih, ya.. :)

    BalasHapus
  36. @myra anastasia Iya, Chi. Serem.
    Makasih ya udah mesen ;)

    BalasHapus
  37. tetiba inget sahabat wktu sma juga ada yg ikut aliran sesat kek bgini, sampe menghilang 6 bulan-an, untung segera sadar :(

    del, mau bukunyaaa.... smoga laris manis dipasaran..Aamiin

    BalasHapus
  38. dua sahabat karib semasa kuliah kena jg Del, yg satu alhamdulillah baru2 ini keluar, yg satu msh tersesat dalam arti yg sesungguhnya T_T

    dan gw lg baca novel2 itu *tapi ga maju2* qiqiqiqi

    BalasHapus
  39. wah keren kakak.
    walking juga ke blog aku kak
    http://manusiapinggiran.blogspot.com/

    #BlogWalking

    BalasHapus
  40. Ah eke jadi penasaran mbak hehehe *ngacir ke toko buku* :D

    BalasHapus
  41. wah, hebat mbak ceritanya bikin penasaran, dalem banget. kalau saya baca buku keduanya tanpa baca buku pertama, rasanya gimanaa gitu. xD

    BalasHapus
  42. gw udah ngimel dirayya dan pesan bukunya doonngg

    BalasHapus
  43. @rindrianie Take your time, Rin. Abis itu bikin review, ya, hehehehe..

    BalasHapus
  44. @woroluvpink Kagak ade di toko buku, Wor :D

    BalasHapus
  45. Waaa keren nih Mbak Del...
    Selamat yaaa.
    Yang buku pertama berarti ada di Gramed ya mbak?

    BalasHapus
  46. @Untje van Wiebs Ada, Una. Tapi tahun 2009 kemaren. Sekarang mah udah gk ada, hihihi..

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)