Rabu, 20 Februari 2013

Wong Komering

Gue mau ngaku dosa, nih. 
Selama ini, kalo orang nanya gue ini orang apa, gue selalu bilang Palembang. Padahal

 aslinya, gue ini keturunan Komering. Mama dan Papa sama-sama orang Komering, tepatnya OKU (Ogan Komering Ulu), lebih spesifik lagi, dari dusun Menanga.
Kenapa nggak ngaku Komering aja? Udah pernah. Dulu selalu. Dan orang selalu nanya lagi, "Komering itu di mana?"
Gue jawab, "Sumatera Selatan."
Abis itu, si penanya akan komen dengan muka super sotoy minta ditoyor, "Oh, Palembang."
Gue: Enggak. Beda.
Si Sotoy: Tapi di Sumsel, kan?
Gue: Iya, tapi beda.
Si Sotoy: Sumsel itu Palembang.

Capek kan looooooo??? Makanya gue selalu ngaku Palembang. Dah. Beres. Nggak akan ada lagi si sotoy. 
Terus terus, harusnya sih, kami kakak-beradik fasih berbahasa OKU, ya? Tapi ternyata enggak. Soalnya dulu mama sering bergosipan dan ngomelin papa pake bahasa Komering. Mungkin biar anak-anaknya nggak ngerti masalah dalam negeri, pokoke kalo menyangkut top secret, bisa dipastikan mereka akan ngobrol dengan bahasa itu.
Keinginan gue buat berbahasa ibu, pertama-tama, muncul dari rasa iri. Kalo maen ke rumah temen yang orang Jawa, misalnya, pastilah mereka ngobrolnya pake boso Jowo. Kalo ke rumah temen gue yang Sunda, gitu juga. Padang juga.
Minta ajarin mama bahasa Komering, beliau menolak.
Akhirnya, gue memutuskan untuk belajar sendiri. Misalnya, gue denger mama ngobrol apa gitu sama tante gue. Diem-diem, gue tulis tuh kalimat-kalimat percakapan mereka di buku tulis, abis itu gue tanya di lain kesempatan, "Mam, kilu itu apa?"
Mama: Minta.
Gue: Oooooh...
Besokannya, gue tanya lagi:
Gue: Mam, mak dapok itu apa?
Mama: Enggak bisa.
Gue: Oooooh...

Begitu terus. Gue kumpulin deh dalam satu buku yang lama-lama mulai penuh. Terus adek gue juga mulai tertarik dengan bahasa Komering, jadi kami sering latihan bareng. Soalnya, bener deh, kalo lu denger orang Komering ngobrol, lu enggak akan bisa ngerti mereka ngomong apa. Jadi berasa keren :)
Nih, gue kasih contoh:
Gue: Haga tidipa niku kabiansa?
Adek: Mak tidipa-dipa. Bak api?
Gue: Layon. Amon mak tidipa-dipa, nyak haga lapah ti Thamrin City. Haga miyot makwat?

Terjemahan:
Gue: Lu mau pergi nggak, hari ini?
Adek: Nggak ke mana-mana. Kenapa?
Gue: Enggak. Kalo nggak kemana-mana, gue mau ke Thamrin City. Mau ikut, nggak?
(Hebat banget deh kalo ada orang non-Komering yang bisa nerjemahin percakapan ini ^___^)

Ngomong-ngomong soal bahasa Komering, sebetulnya ada cerita yang enggak banget, sih. 
1. Kakek gue, jauh sih hubungan kekerabatannya, tapi dese masih terhitung kakek, pada suatu hari, pergi ke Blok M. Eh, terus dia sadar lagi dicopet. Refleksnya adalah megang tangan si pencopet sambil memaki dengan bahasa Komering. Si copet langsung mohon-mohon maaf gitu sampe mengiba-iba. 
2. Kakak gue pernah naek mikrolet, di dalemnya ada dua orang yang langsung nggosipin dia pake bahasa Komering. Kakak gue kan penutur pasif ya, jadi dia ngerti. Abis itu dia ngomong deh, "Nyak ni wong Komering jugo." Langsung mereka salting. Padahal secara struktur kebahasaan sih, kalimat kakak gue itu salah. Tapi ya intinya kan dapet ;)
Nah, terus hebatnya jodoh gue ternyata keturunan Komering juga. Bapak mertua dari dusun Surabaya, emak mertua dari dusun Meranjat. Tapi mereka tinggal di Palembang, makanya fasih juga bahasa Palembang.
Btw walaupun judulnya sama-sama Komering, kosa katanya bisa beda banget, lho. Btw lagi, mertua gue juga waktu ke Tenabang pernah mengalami hal yang kurang lebih sama dengan kakek gue. 
Moral of the story 1: gunakanlah bahasa Komering saat di Blok M ataupun Tenabang, hhihihihi.. (btw ini patut dibanggakan nggak, sih?)
Moral of the story 2: jangan pernah ngegosipin orang lain di depannya, meskipun pake bahasa daerah. Mana kita tau kalo ternyata orang itu ngerti, ya kan?
 
Insya Alloh ntar anak-anak gue mau gue ajarin bahasa Komering Menanga, ah. Terus bapake ajarin mereka bahasa Palembang. Terus kami berempat kelak jadi penguasa Tenabang dan Blok M, deh :p
 

"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway"


 

78 komentar:

  1. Beneran gak ketebak lho mbaaaa..cuma nangkep Thamrin Citynya doaaaang..
    Kirain percakapan ini beli dimana harga berapa
    *sotooooy

    BalasHapus
  2. Sama ajalah mak kayak aku ngaku2 wong Solo, pas ditanya Solo bagian mana.. jawab Sragen, eh pada nggak familiar haha. Jadi bilangnya wong Solo aja deh, biar cepet :D

    Btw, aku kemarin ini sempat hijrah setahunan lebih ke Sumsel lho, tepatnya di Muara Enim. Baru tau soal OKU ini dari post mu, tadinya cuma tau Ogan Ilir itupun krn melintas kalo dari Palembang hehe. Btw bahasanya memang lain sendiri ya, kalo bahasa palembang aku msh agak ngerti krn gampang diartiin sedikit2.

    Sukses ikut GA nya yaa, semoga menang :)

    BalasHapus
  3. hahahha hahahahha

    Kalo aku gpplah ya, ngaku Bangka, karna emang Pangkalpinang itu di Bangka :p

    Ya, kebanyakan temanku juga lebih ngeh aku punya darah palembang ketimbang OKI :))

    BalasHapus
  4. mau empek2 donk mbak del.. Xixixixi.. :D *OOT

    BalasHapus
  5. Sama banget sih sama aku, aku orang COmal tapi pasti deh pada bingung dmn tuh atau menyamakan dengan Pemalang. Terus lanjut tanya, kok ga ngapak?
    *mulai capek jawabnya, hehee

    Ya begini ini bahasa Comal ngapak enggak, alus yo enggak..hehehe



    BalasHapus
  6. cita-cita yang luhur. menjadi penguasa tenanbang dan Blok M. kkkk~

    BalasHapus
  7. komering ternyata nama suatu bahasa toh, eeh itu ada dusun surabaya di sumsel juga kah?

    Keren yang megang blok M :D

    Makasih yaa mbak della udah ikutan, dicatet PESERTA :D

    BalasHapus
  8. Baru tahu tentnag Komering mbak :)

    Semoga menang ya GA nya :)

    BalasHapus
  9. berarti OKI itu juga nama daerah ya mba?

    BalasHapus
  10. aku juga samsek lho kecuali bagian Thamcit
    aku juga asli Jabon, suatu daerah di Sidoarjo, bukannya Porong, tapi gak banyak orang yang ngerti Jabon, jadi kalau bilang Porong, baru mereka ngerti :)

    BalasHapus
  11. Haha.. Aku juga baru sekali ini denger komering.. Kayaknya bahasanya susah dipelajarin ya mbak..
    Eh gue mau coba nih pake bahasa Komering..
    Kabiansa Nyak Mak tidipa-dipa, karena dosen mak masuk..
    Sakti banget kan gue Mbak :)
    wakaka *kabur

    BalasHapus
  12. bagus tuh kalo jadi penguasa tanah abang dan blog M

    maksudnya jadi pengusaha tekstil terbesar di tanah abang kan??
    omzet perbulannya milyaran...
    aaamiiiin aaamiiiinnn

    hehehhee

    BalasHapus
  13. @hennyfahri Itu sodaraan Mak, OKU yang Ulu, OKI yang Ilir :D

    BalasHapus
  14. @Putri Baiti Hamzah Sudah saatnya nih kita memperkenalkan Komering ke seluruh dunia, ya :D

    BalasHapus
  15. @ilmiy *lempar pempek ke Purwokerto*

    BalasHapus
  16. @keluarga Qudsy Tunggu, tunggu. Idan itu apa, ya? *buka kamus* yang kalimat belakangnya gue ngerti, Yan. Jawabannya tentu saja: haga ;)

    BalasHapus
  17. @Bunda Dzaky Nah, aku malah baru denger tuh Comal..

    BalasHapus
  18. @Niar Ci Luk Baa Nama daerah, Niar. Dan punya bahasanya juga :)

    BalasHapus
  19. @lulu Ternyata banyak juga ya yang senasib :D

    BalasHapus
  20. @EYSurbakti Keren, Sra :D
    Etapi kata keterangan waktu atau tempat itu nggak lazim ditaro di awal kalimat, hehehe..

    BalasHapus
  21. @Elsa Nggak dong, enakan jadi bos premannya. Tinggal malak :p

    BalasHapus
  22. Utk alasan yg sama, itulah knp sy kl kenalan sm org lebih suka pk nama Myra drpd Chi. Krn sering di tanya "Kenapa namanya Myra kok panggilannya Chi?". Kadang suka cape juga jelasinnya kalo banyak yg tanya.. Hehe..

    Dan utk alasan yg sama juga, kl ditanya suaminya org mana? Sy lebih suka blg "orang Palembang". Pdhl dia bukan org Palembang, tp di salah satu daerah di Sum-Sel juga.. Sy sendiri lupa nama daerahnya saking selalu bilang kl dia org Palembang.. Hehe..

    BalasHapus
  23. Saya mah ngakunya orang Jawa Tengah doang. Abisnya bete kalo jawab, "Brebes" kadang ada yang nanya, "Brebes itu di mana?" Jeding! Kalo dijawab lagi, "Brebes di Jawa Tengah" ntar ada yang nyaut, "Oh, dekat Semarang?" atau, "Oh, dekat Jogja?" Omaigot! Bener2 dilema kalo ditanya asal.

    Btw, jadi penasaran sama basa Komering. Kok gak mirip ama basa Palembangnya yak? Padahal satu propinsi gitu...

    BalasHapus
  24. melestarikan bahasa daerah ya mbak. asli aku juga baru tau komering :)

    BalasHapus
  25. Wah, ternyata kepleset dikit kita ya.., klo ortu saya orang daerah OKI, Desa Penyandingan kec. Teluk Gelam suami aja yang asli palembang :D, kk iparnya suami yang orang meranjat hehehe..

    BalasHapus
  26. wah gua gak pernah denger juga komering... hehehe

    BalasHapus
  27. Klo Bpk sih ngerti bahasa komering karena nenek moyangnya dari OKU beda sm ibu yg OKI Tulen, tapi gak nurun sama sekali ke anak2, malah campur aduk bahasanya, bahasa daerah ngerti separoh bahasa palembang ngerti separoh, nah loh ? jd klo lg diajak ngomong, bisanya ngangguk2 doang hehehe...

    BalasHapus
  28. ya ampuun bok..setelah lama kita temenan lo baru ngaku disiniii kalo bukan orang palembang..ckckckckc sungguh t e r l a l u...;p

    tapi keren banget yak bahasanya..pasti logatnya hampir sama kayak orang padang ngomong yak..*tersotoy*

    sakses ya GAnya..smoga Della kaga menang...;p

    BalasHapus
  29. Wow, aneh basanya hahaha... @.@
    Ternyata beda banget to sama boso palembang~

    BalasHapus
  30. @Della Oh gitu.. Berarti kalimat tadi kata kabiansa-nya mending ditaro dibelakang aja ya mbak. oke oke *catet*

    BalasHapus
  31. tuh kan baru denger.. Emang ga terkenal kali yaa.. hihihi Itu nama daerah di Pemalang Jawa Tengah mbak...

    BalasHapus
  32. Terima kasih Della, berkat Della, aku jadi tau kalo ada daerah di Indonesia yg namanya Komering :P Awal baca, aku nebak, Komering itu somewhere di Kalimantan sono lho....

    BalasHapus
  33. waaa aku baru tau ada daerah KOmering xixi

    BalasHapus
  34. hehehe, sudah tau daerah Komering sih, tapi baru tau klo letaknya di SumSel, Sa kira di Kalimantan.

    Ngomongin orang didepan orangnya pake bahasa daerah trus tnyata orangnya tau.... hahahahahahahaha, suamiku sering gitu tuh.... Habis gitu dia ga merasa bersalah or minta maaf lagi...katanya ya syukur lah Yu jadi kita terhindar dari dosa bergunjing...hmmm

    BalasHapus
  35. udah pernah denger daerak komering dari suami yg suka cerita karena dia lahir dan besar di Palembang. Etapi ga sangka ternyata bahasanya jauuuh ya dari bahasa Palembang

    BalasHapus
  36. Ini sama dengan saat saya bilang tinggal di Siantar, lalu mereka tanya lagi, itu Medan ya. Medan mananya? Beuh.
    Tapi memang wajar juga ya, soalnya Indonesia luas sih, sukunya juga banyak, jadi banyak yang gak tahu juga hingga ke dalam-dalamnya.

    BalasHapus
  37. @Aisyah S. A. Waaaaa.. sodaraaaaa.. *peyuk-peyuk*

    BalasHapus
  38. @Millati Indah Etapi aku tau lho Brebes :)
    Bahasa Komering itu agak-agak mirip bahasa Lampung :)

    BalasHapus
  39. @myra anastasia Iya Chi, kenapa gitu panggilannya Chi? *digetok Myra*

    BalasHapus
  40. @Desi Doanya kagak ikhlas gitu sih Des, wkwkwk..

    BalasHapus
  41. weh baru tau bahaso komereng itu beda samo plembang yo del? kirain samo bae...

    dirumah ortu ngomong pake bhs plmbang, anak2nya jawab pakek bhs indonesia. kalo gw ngomong plmbang dikira wong plembang jadi2an soale gak pas logatnya hekekekek....

    BalasHapus
  42. hahahaha dulu karyawan toko gw itu wong kito galoh semua, heran gw ga dpt2 org jawa, jd lah gw belajar bhs itu jg, tp entah bebel ato gmn yah gw ga apal2 cuma ngerti aja klo mrk lg ngmg hahahaha

    btw, gw skrg manggilnya ayu della dong yah hahahahahaha

    BalasHapus
  43. hmmm jauh ya itu dari bahasa palembang, lebih mirip bahasa swahili hahahaa

    BalasHapus
  44. waduh...
    itu kalo gak diterjemahin emang gak bisa nebak sama sekali apa maksud nya sih...hihihi...

    ajari akyuuuuu...
    kan pengen menguasai wilayah tanah abang jugaaaaa...hihihi...

    BalasHapus
  45. weee..jangankan bahasa Komering yang baru kali ini denger. Bahasa jawa yang sering denger aja gak semua kosa kata aku mudheng >_<.

    Iya iih..pengen gape bahasa daerah.. kesannya akrab gitu klo pake bahasa daerah.

    BalasHapus
  46. @Mila Said Swahili????? Tega bener ih Mila.. :'(

    BalasHapus
  47. hihihi, saya jadi inget di palembang dulu tetanggaan dg orang OKI, setiap mereka ngobrol pake bahasa OKI saya nggak mudeng..Kalo Bahasa Plembang ngertilah dikit-dikit

    BalasHapus
  48. hihihi, saya jadi inget di palembang dulu tetanggaan dg orang OKI, setiap mereka ngobrol pake bahasa OKI saya nggak mudeng..Kalo Bahasa Plembang ngertilah dikit-dikit

    BalasHapus
  49. bahasa komering bahasa asli sriwijaya dan daerah cikal bakal kerajaan sriwijaya, nyak singgah pai diblog mu ja yai, salam pangolpah.

    panglima fpi jolma kita hoda, si warman ho.

    BalasHapus
  50. hehehe... saya juga baru tahu ttg komering #tutupmuka# :)

    BalasHapus
  51. Salam jak jalma Komering muneh yu.. nyak jak Muaradua asal ni..
    Nick singgahpai, googling gawoh..
    hehehe...

    BalasHapus
  52. nyak jolma Komering da, Sukarami, Tanjung Lubuk... wat kisahda sei mirip rik kisahmu. Nyak tertarik ha ngkaji kebudayaan kita, pandai kontak2an mak, Add Facebookku pai ja emailna; naz.nazwar@yahoo.co.id (Nazwar Ali)
    Tarimakasih!

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum Kolpah Iwari,Niay,kiay,akas,tombay,tinakbay,obu kaunyin na tanpa terkecuali. Salam Sejahtera Semua ^_^

    Tertarik atas postnya bu Della,yang akhirnya jujur dan bangga klo ibu Jolma(orang) asli komering ^_^. Komering merupakan salah satu suku yang ada di Sumatera Selatan,ƴªϞƍ mayoritas tanah kelahirannya di mulai dari pesisir sungai komering Kab.OKI (Kayuagung),OKU Timur, Danau Ranau bahkan Ke Propinsi Lampung. (Sejarah singkat)

    Diliat dari posting ibu Della, ibu punya Mertua asal Komsu(Komering Surabaya). Sama Halnya ªќƱ punya bapak asal Komsu. Jauh nih harus naik Kereta Malam ke Surabaya ^_^

    Posting yang bermanfaat, mempererat tali silaturahmi sesama jolma Komering. Kita harus bangga akan suku bahasa Kita

    NB : Nyak Komering Niku Komering Saunina Kita buKolpah (saya komering kamu komering selamanya kita saudara)

    Walau Kuti jawoh ingok ko kuti tiuh pangkalan (walau kalian jauh ingat kan kalian kampung halaman)

    Kilu mahap mun wat salah cawa (minta maaf kalau ada salah kata)

    Wassalamuailaukum.

    By :Faridz Komzu
    visit :http://komzu.blogspot.com

    BalasHapus
  54. @Faridz Komzu Waduh, minder euy.. nyak mak pandai bahasa Komering, hehehe..
    Makasih ud mampir, ya :)

    BalasHapus
  55. Sija sikam jolma komering asli,hehe,,,

    BalasHapus
  56. kumoring asli yoja,turuk bugompol yo,,

    BalasHapus
  57. Niku kumoringna dipa ,,?
    Nyak kumoringna di rasuan ...
    Tapi nyak ganta ti curup nyak dija miyot akas .
    Oh iy sai julma komering kilu nomor hp na guai smssan makek bahasa kumoring ( oh iyo yang orang komering minta nomor hp nya untuk smssan makek bahasa kumoring

    BalasHapus
  58. Ulun komring ja keturun lampung api palembng yooo jadi bingung nyak.... di cawa ko plembng lain soal na ulun komring ja mk daco cawa plembnggg.. di cawa ko lampung moneh lain soalna mk kuruk di propinsi lampungg... tpi bahasa na komring 11-12 jama lmpunggg hemmz dipa si bnoh yoo...

    BalasHapus
  59. @Faridz Komzu nyak dang jelma komering, nyak ga bljr basa komering, basa komering ponting tonan oi...

    nyak mulang, nyak liom. lamon nyak mak mulang nyak rindu..eh..bner gak tuh, yai..???

    BalasHapus
  60. untuk di daerah Q bahasa komering sngat pnting bgt, ini merupakan bahasa internasional + basa pelancar untuk jln kmn mn biar aman. khusus sumatra selatan, oku timur, kurungan nyowo, pencak kabo, Nikan, suroboyo,dll. maju trus Madang suku 1,2,3...salam kompak slalu y...mun nyak wat salah, nyak kilu maaf...

    BalasHapus
  61. Angkat jempol yang orang oku timur

    BalasHapus
  62. Angkat jempol yang orang oku timur

    BalasHapus
  63. uong tuo aku duo2nyo uong komering Surabaya jugo & tinggal di Palembang, aku lahir di Palembang.. tapi kalo ada yang nanyo aku uong mano, ku jawab bae uong komering.. tapi sayangnyo nyak makkung pandai bahasa komering, cutik-cutik ja hehehee

    BalasHapus
  64. Komering itu suku yai, bukan
    komering termasuk daerah palembang, cuma komreing punya bahasa sendiri, bahasanya hampir sama kaya lampung,
    Ibarat orang jawa, kita ni suku kraton, ibarat padang kita ini suku minang, kasta tertinggi dari suatu daerah yai, jadi kalau kiyai ditanya jolma mana, jawab yah palembang, karna awak pun jolma palembang khususnya baturaja bersuku komering

    BalasHapus
  65. Mba... numpang nanya donk... amun juksina dija gawoh. Itu artinya apa ya? Ada tmn ngajakin ngomong bgitu. Tp gak ngerti. Hee

    BalasHapus
  66. Mba... numpang nanya donk... amun juksina dija gawoh. Itu artinya apa ya? Ada tmn ngajakin ngomong bgitu. Tp gak ngerti. Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. amun juksina ~ kalau begitu
      dija ~ disini
      gawoh ~ ??

      Hapus
    3. amun juksina dija bugawoh = kalo begitu di sini saja.

      bugawoh = saja

      Hapus
  67. KAMI KOMUNITAS KOMERING DI KEP.RIAU..KIRIM SALAM UTK "MURLI MARANAI DI TIUH PANGKALAN... "BRAVO KOMERING"

    BalasHapus
  68. saya juga komering minanga tepatnya minanga balak tapi tinggal di bandar lampung...keluarga di jakarta siapa keluargamu ? artinya kita bersaudara karena banyak saudara saya di jakarta yg orang minanga

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)