Kamis, 10 Januari 2013

Test Alergi untuk Bayi

Jadi ya, sejak usianya beberapa hari, di wajah ganteng dan tubuh gempal Zaidan memang kadang muncul bintil-bintil merah galigata gitu, kayak alergi. Kata Mama sih, mungkin kutu kasur/tungau, atau alergi ASI. Tapi dari yang pernah gue baca sih, there's no such things as alergi ASI. Yang paling mungkin alergi sama makanan yang dikonsumsi emaknya. Nah, masalahnya adalah, emaknya ini pemakan segala, jadi Zaidan alergi apakah?


Trus berhubung ilang-timbul-ilang-timbul, gue nggak terlalu peduli juga. Toh pada akhirnya juga ilang sendiri, kan? (ya bloggies semua taulah ya gue ini emak macam apa :p)
Nah, karena waktu Zaidan imunisasi tu pas alerginya lagi kumat, sekalianlah konsul ke bu dokternya yang cantik itu (bener lho, cantik banget DSA-nya Zaidan. Bisa tinggi nih ntar selera ceweknya Zaidan kelak, hihihi..)
Kata budokcan (bu dokter cantik), gue nggak boleh mengonsumsi empat hal ini dulu selama dua minggu:
1. Susu Sapi (hixs.. padahal biasanya gue minum susu ultra 250ml tuh 3x sehari, euy. Udah gitu, bukan cuma susu thok, tapi semua turunannya dan semua yang mengandung susu. Cake? Chocolate milk? Biarpun cuma seujung kuku, tetep nggak boleh, Dok? Ciyus? Pengennya sih teriak gitu, tapi gue pasang muka sok cool dan ngangguk-ngangguk doang. Padahal hati mah serasa retak).
2. Seafood (miapaaaaaa??? Kepiting, udang, cumi, kerang, sushi, semua makanan enak ituuuuu?? Trus ngapain Tuhan menciptakan mereka kalo gue nggak boleh makan? Sungguh mubazir. Ah, tapi cuma dua minggu ini. Lagian, seinget gue selama dua bulan itu gue blom pernah makan seafood. Jadi nggak mungkin seafood yang bikin Zaidan alergi. Nggak mungkin... nggghhh.. itu juga kalo ingatan gue nggak salah ya..)
3. Putih telur (melotot secara refleks. Gue mulai curiga ni dokter hobi aja gitu ngelarang gue makan semua makanan kesukaan gue.. Hixs..)
4. Kacang tanah (pas dia sebut kacang tanah, ilang deh sok cool gue karena gue spontan teriak, "Hah?? Nggak boleh?" Dokternya sampe nyaris kejengkang gitu. Oke. Lebay. Nggak sih, blio cuma tersentak gitu. Nggak ngira kali kalo muka lembut ini bisa treak-treak. Ya soalnya ya bu dokter, emaknya Zaidan ini fans kacang tanah garis keras. Gue pernah dengan sengaja ngegoreng setengah kilo kacang tanah untuk dijadiin cemilan. Cemilan lho, ya. Nggak boleh kacang tanah ... berarti, berarti, berarti, bye bye saos kacang dong! Dadah gado-gado, dadah ketoprak, dadah batagor, dadah siomay, dadah sateeeee.. *berlinangan air mata* sambil nyanyi, "Kenapa semua yang enak-enak, itu yang dilaraaaaaaanngggg.."*)

Kata budokcan, kalo setelah dua minggu alergi ini ilang, berarti Zaidan memang alergi makanan. Tapi kalo nggak ilang, berarti mungkin benar dia alergi tungau, atau debu, atau pewangi pakaian, atau apa pun deh alergi selain makanan.
Dua minggu pun lewat tanpa sekalipun mengonsumsi 4 benda di atas itu (iya, dua minggu yang serasa dua abad itu) dan muka Zaidan kembali kinclong. Berarti alergi makanan.
Sesuai instruksi budokcan, gue boleh coba makan kacang tanah. Tunggu beberapa hari. Kalau nggak muncul reaksi alergi, makan lagi. Kalau dalam dua minggu alerginya nggak muncul, berarti kacang tanah aman buat gue konsumsi. Kalo muncul, berarti gue harus puasa kacang tanah selama menyusui. Yang berarti selama... nghhhh.. dua tahun????? *pengsan*
Tapi kalo nggak muncul, gue boleh coba makan putih telur. Lakukan step yang sama. Lanjut ke seafood, lanjut ke susu.
Minggu ini adalah minggu kacang tanah. Doakan gue ya bloggies
DEMI ZAIDAN!
Doakan Zaidan nggak alergi kacang tanah maksudnya, jadi gue bisa makan ketoprak dkk. setiap hari (ini sebetulnya demi Zaidan atau demi emaknya sih?) 
Trus trus, dua minggu lagi, doakan gue nggak alergi putih telur, dua minggunya lagi doakan gue nggak alergi seafood, dua minggunya lagi doakan gue nggak alergi susu (lah trus ntar kesimpulannya Zaidan alergi apa dong, Del?)
Btw, ternyata enak ya bikin postingan pake 'gue', mungkin postingan berikutnya juga pake 'gue' lagi, deh :D

53 komentar:

  1. wkwkwkwkwk..
    assiiiiikkk, puasa kacang ya 2 minggu ini?
    brarti gw mesti hapalin nih puasa per 2 minggunya elo, jd kalo ada jatah makanan gratis dr kantor, ehem... tetangga depan arah jam 10 udeh ngincer nih.. soalnya smua makanan yang disebutin sbg pantangan lw, gw suka smua... wkwkwkwkwk
    *tanduk :p

    smoga cepet ganteng deh si zaidan ^^
    *segera bikin anak cewek :p

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. aamiin...semoga minggu pertama ini dan minggu selanjutnya amaaaan ya Dell..

    Aaah...Zaidan..kamu emang menggemaskan ya..
    *cubit pipinya doonks*

    BalasHapus
  4. Postingan Mama Della yang ini kok bodooooorrrrrrr banget yaaaaaaaaak. :D

    Ya deh, saya doain supaya Zaidan nggak alergi kacang tanah, biar nanti bisa main kartu bareng sambil makan kacang tanah bertiga sama Mama n Zaidan. #eh

    :))))

    BalasHapus
  5. @ahayurumi Dasar oneng, justru gue harus ngetes kacang tanah hari ini ;)
    *ketoprak mana ketoprak*
    Eh, gue mah prinsip KB aja, dua anak lebih baik. Cukup ah, hihihi..

    BalasHapus
  6. @ceritasofi Amiiiiiinn.. jangan dicubit ngapa? Dicium aja.. ;;)

    BalasHapus
  7. @Ayu Welirang Aslinya emang bodor, Yu. Yang kamu kenal tahun kemaren itu masih jaim, hihihi..
    Eh maen kartunya di Semeru ya? Pake tarohan nggak? :p

    BalasHapus
  8. @Della hhhh,, salah pengertian ya gw -___-"

    es krim aja yuk =))

    maksudnya yg bikin anak cewek itu gw, biar ngedapetin donghe pas udh gedenya... wkwkwkwkkwk

    BalasHapus
  9. @ahayurumi Emangnya ada es krim rasa kacang tanah? #SalahFokus
    Harus berurut dari bawah Rum, dari kacang tanah dulu, baru ke telor, baru ke seafood, terakhir ke susu.
    Ooooo.. maksudnya lw yang bikin anak cewe? Hihihi.. maap, miskom kayaknya gue :D

    BalasHapus
  10. hoalaaaahhh... mesti didoain gimana nih Del? buat dirimu lebih oke kalo Zaidan alergi apa? kacang tanah, putih telur, seafood apa susu? Kalo udh milih kabar2in deh ya, ntar baru ta' doain *halah* qiqiqiqi...

    BalasHapus
  11. @rindrianie Doain nggak alergi kacang tanah dulu Rin, doa yang laen biar nyusul :D

    BalasHapus
  12. aamiin....hla kalau semua lulus uji alergi....apa gak puyeng mikirin Dong Hae alergi apa? tapi kalau alergi salah satu itu gak enak juga sih....gado-gado....udang crispy....es krim...telor dadar...semuanya menggoda! semoga gak alergi aja deh! aamiin

    bicara kacang tanah....jadi inget waktu ipar pulang haji. disaat yang lain ribet menyambut dia yang baru nyampe, Inot dengan santainya ribet sama setoples kacang goreng. Inot fans kacang garis keras!

    BalasHapus
  13. bubiiiill...kok bukannya aku prihatin ya,tapi malah pengen ngakak..hahahha

    tapi tetep kok, daku doakan zaidan lolos tes alergi itu!biar emaknya bisa makan apa aja..hehehehe

    semangat buat uji coba nya!! ^o^

    BalasHapus
  14. @lulu Kalo aman, berarti mungkin dia alergi panas, hihihi..
    Aaaaaa.. tosssss dulu ah sama Inot. Berarti kalo kalian ke Jakarta, aku bawain oleh-olehnya gampang ya :D

    BalasHapus
  15. @Della
    kann cubit sayang...kalo dicium pastinya donk..siapa siy yang gak mau cium Zaidan ..hehe

    BalasHapus
  16. @ceritasofi Ahahahha.. boleh deh kalo gitu :D
    Kapan doooooooong ke Jakarta? Ntar dibikin kopdar akbar deh buat Sofi, hihihi..

    BalasHapus
  17. Semoga lolos ya mbak tes alerginya Zaidan

    BalasHapus
  18. sekalian diet juga kali ya bund.. kali aja dalam dua minggu jadi langsing.. eh ini = aku curhat deh kayaknya, bubil kan emang udah langsing...wakakaka

    BalasHapus
  19. Millie jg alergi mak, wkt itu k dokter terus pk salep racikan terus sembuh trs gw kasih lagi sm sifud, telur dan susu *emak bandel* tapi skrg jadi biasa makk :D

    BalasHapus
  20. Apahh? 2 taun? lama amat, bisa lupa rasa kacang dong ya.
    Shira juga dulu kayak ada berintil-berintil alergi gitu del, tapi gw lupa apa sebabnya.

    BalasHapus
  21. mbak disini ada ketoprak enak loh hehehe. heran deh bumbu ketorprak kan sama ya tapi kenapa rasanya beda2 ya. hlah knapa aku bahas ketoprak ya.
    semiga alerginya cepet sembuh ya. kapan2 makan ketoprak bareng yuk

    BalasHapus
  22. Ecieeeeh, sekarang jadi pake "gue" Del nulis postingnya? Enak yaaaah.. makanya aku pun betah sekarang. LOL..

    Walaaaah, semoga Zaidan ga alergi makanan yaaah.. kan kecian kalo nanti gedenya juga gitu (eh itu sampe gede ga sih?)

    BalasHapus
  23. @Yeye Masih kekecilan ah Ye, ntar kalo ud gedean baru gw jejelin, wkwkwkwk..

    BalasHapus
  24. @emaknyashira Mudah-mudahan bukan alergi makanan deh :D

    BalasHapus
  25. @Bebe Iya Be, lebih berasa sentuhan personalnya *tsaaaahh..apa seh :p
    Mungkin sampe gede, tapi mudah-mudahan nggak. Nggak asik dong nggak bisa diajak nyushi, hehehe..

    BalasHapus
  26. lah makanya gue heran pas baca blog lo, trus ketemu langsung ama lo...bedaaa bangeettt..
    kalo pake "gue" lo banget daaaah hahahaa...

    moga2 ga berlanjut itu alergi ya bok.. kesian Zaidan..*elus elus pipi Zaidan*

    BalasHapus
  27. @Desi Berarti usaha pencitraan gue kemaren tuh sakseissss ya Des, ahahahha.. tapi ternyata cuma sanggup dua taun tuh, abis itu aku lelah berpura-pura, wkwkwkwk..

    Iya mudah-mudahan ternyata alergi pete atau jengkol gitu kek ya, atau apaan deh yang masih eatable sama gue tapi gue nggak begitu suka :p

    BalasHapus
  28. ayo semangat, demi zaidan dan budokcan.. *kunyah kacang goreng*

    BalasHapus
  29. Huahahahahaha. Mak Dellaaaa, kocak abis postingannya..
    Amiiiin, semoga Zaidan terbebas dari alergi dan maknya bisa makan apapun sesuka hatinyaa... :D

    Kalo Aaqil dulu alergi ama kosmetik bayi. jadi ga pake kosmetik bayi sama sekali.

    BalasHapus
  30. @danirachmat Amiiiinn.. makasih ya, Dan :)
    Kalo kosmetik kayaknya enggak, soalnya Zaidan cuma pake minyak telon. Nggak tau juga d kalo ternyata dia alergi minyak telon.. -______-

    BalasHapus
  31. alamaaaaaaaak kalau sampai alergi seafood, berarti jatah seafood buat Idah saja ya?. :D

    Tetap semangat ya, Mba. Semua demi si kecil Zaidan. ;)

    BalasHapus
  32. makan siomay yuk Dell :p *racun*

    Semoga lulus tes alerginya yaa dan Zaidan gak kenapa2 jadi emaknya bisa makan apa ajah :)

    BalasHapus
  33. agak siwer pertama banget td gw bacanya budakocan *kucek2mata, oo budokcan toh* -__-"

    Zaidan sama kek Daanish alergian. tapinya daanish alergi tingkat tinggi. waktu baby mukanya jarang banget mulus,blang blentong merah2.Makanan hampir smua bikin alergi, ya seafood, telur, kacang2an, susu dan turunannya, keju dan turunannya, kedelai dan turunannya (pliis masa makan tahu tempe juga bikin pipinya merah2 :'( ga bole makan coklat, ga bole minum susu uht, ga bole ng-es krim, huhuhuhu pdhlnya smuanya paporit gw banged! bisa jd booster asi kan harusnya huhuhu...jadi gw makan apa kalo smua ga bole? terpaksa gw makan sayur bening tiap hari :( tapi gw bandel sering juga pencetus alergi itu tetep gw konsumsi

    Alhamdulillah masuk umur 1,5 tahun mulai berkurang alerginya...udah bisa makan coklat dan teman2, tapi masih PR, makan telur & roti masih sering bikin bruntusan di muka & lipatan tangan. T__T

    ntar kapan2 gw posting foto2 pipi daanish waktu bebi yg merah2 merona kek abis kena ulet bulu yah..

    BalasHapus
  34. makanan yg di pantang yg enak2 semuanya ya? hehe..

    BalasHapus
  35. Ya ampuuuunnnn, sungguh terlalu!
    Kasian mbak Della *puk puk*

    Tahan tahan aja ya mbak, demi Dong Hae tercintaaah!

    Ah, teringat dulu aku bisa makan apa saja fufufufu *sengaja manas2in*

    BalasHapus
  36. @Mayya *pasang kipas angin* adem* :D

    BalasHapus
  37. @myra anastasia Iya Chiiiiiiiiiiiiii.. huhuhuhuhu..

    BalasHapus
  38. @deva (sabri familie) Aduh Daanish, ayo ayo kita berjuang bersama! Fighting!

    BalasHapus
  39. @keluarga Qudsy Yuk yuuuukk.. gue optimis kacang tanah nggak masalah nih, ud 3 hari dan Zaidan baik-baik saza ;)

    BalasHapus
  40. @idahceris Seafood nggak deh kayaknya #optimis

    BalasHapus
  41. @Bunda Dzaky Kalo lebih kurus lagi dari ini, Bapake bakal ngamuk, Bund :D

    BalasHapus
  42. kyaaa... kalo aku mah positif alergi kacang mba,,, yg lebih parah si kacang ajak temen2nya nih bwt musuhan sama badanku. Seperti: cokelat dan tomat.. kacang sih okelah, tomat juga oke, nah cokelat ini lho.. kalo mba pecinta kacang, aku pecinta cokelat. jd kebayang kan tersiksanya aku ga boleh makan cokelat seumur idup.. ngokks.. tp tetep sih curi2 juga makan cokelatnya.. lah scara aku jualannya cokelat, hahha...

    BalasHapus
  43. @Dongeng Denu Boleh kok kalo dikit.. *bisikan setan yang terkutuk :p

    BalasHapus
  44. smoga sukses tes alerginya, cepet ketemu apa yg bikin alergi. aku dulu juga ngelewatin masa2 itu...huhuhu ga enak banget. untung udah lewat.

    BalasHapus
  45. penasaran pengen liat budokcan :D

    BalasHapus
  46. Mbak Della periksa ke lab aja daripada nyoba satu-satu, di lab itu ada pemeriksaan paket alergi, jadi nanti bisa ketahuan apa pemicu alergi pada anak, banyak koq item-nya selain yang disebut Mba Della mulai dari jagung bahkan sampe serat kapas segala. Satu paket itu kisaran harga pemeriksaan 1 juta rupiah (mungkin kurang).

    BalasHapus
  47. @Bunny Cat Aaaaa.. senangnya. I'm not the only one ;)

    BalasHapus
  48. @catumorli Yuk makanya kalo pas jadwal imunisasi Zaidan dateng ke Kemanggisan, ntar kita sama-sama ke rumkit dan liat budokcan ;)

    BalasHapus
  49. @ndiel2 Dokternya nggak nyaranin kayak gitu Kang, katanya Zaidan masih terlalu kecil. Makasih infonya, ya :)

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)