Senin, 09 Juli 2012

Pujian Tertinggi

Jadi ceritanya,
pada suatu hari, saya dipanggil Pak Bos sehubungan dengan kinerja (sering telat, Bo!). Yang bikin ketar-ketir adalah Pak Bos ini kalau kasih nasihat selalu dengan nada halus tapi tegas. Saya terus-terang lebih ngeri sama yang kayak gini daripada yang terang-terangan meledak (kayak waktu saya kerja sama orang Korea dulu, saya tambeng-tambeng aja tuh, kalau diomelin. Tapi sama yang sekarang.. oh my.. jangan sampai deh, saya bikin kesalahan.. T^T)
Jadi begitulah, setelah dinasehati dan dibilang, "Tidak ada alasan untuk keterlambatan. Kalau nggak mau terlambat, harus berangkat lebih pagi," saya tertunduk dengan bahu lemas. Lalu lanjutannya adalah, "Saya sendiri sudah bekerja di sini selama 25 tahun. Nggak sebentar lho, 25 tahun itu. Waktu saya mulai kerja, mungkin Mbak Della belum lahir."

Eh, apa? Apa? Pak Bos, apa iya saya tampak semuda ituuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu???? Langsung deh, saya nggak dengar lagi apa kelanjutan kalimat beliau. Tapi yang penting kan, poinnya sudah saya terima dengan jelas: saya ini terlihat awet muda #TrulySalahFokus
Soalnya rekan seruangan saya memang semuanya berusia 2-5 tahun di bawah saya, bahkan ada yang 9 tahun lebih muda. Mungkin karena kelakuan kali ya, jadi Pak Bos kira saya seumur dengan mereka.
Bukti Kelakuan:

 [click to enlarge]

Itu saya yang paling depan dengan gaya Cibi. Saat itu saya masih suka dengan mereka soalnya belum tau kalau Cherry Belle menyanyikan lagu plagiasi. Pasti karena kelakuan ya, makanya Pak Bos nggak ngeh kalau saya ini sudah hidup di dunia selama 32 tahun, hihihi..
Tapi mungkin perempuan memang senang kalau dikira lebih muda dari usia sebenarnya. Makanya saya salut banget sama pencetus ide untuk menggunakan kata sapaan "Kakak" di pusat-pusat perbelanjaan. "Kakak" tentu saja berkesan lebih muda daripada "Ibu." Sering banget kan, kalau belanja di Tanah Abang atau Thamrin City, itu SPG-SPG di depan pintu akan bilang, "Silakan, Kak." "Mampir, Kak." 
Khusus untuk pujian, saya ada cerita tersendiri. Waktu belanja kain untuk kebaya akad (berapa abad yang lalu itu ya?), saya dan Mama masuk toko yang emang bahannya keren-keren banget dan harganya juga selangit. Tapi kami tetap masuk dan pegang-pegang, dong. Kapan lagi pegang bahan mahal *khas perempuan banget*
Pas kami mau keluar, datanglah seorang ibu dan anaknya yang masih muda banget, kayaknya baru dewasa awal gitu. Sama-sama cari bahan kebaya putih juga. Ibunya mah, udah kelihatan banget ibu-ibu, rambutnya saja sudah beruban, makanya saya agak speechless waktu si bapak perayu pedagangnya berseru, "Kakaknya nggak beli juga?"
Si ibu dan anak pandang-pandangan, "Kakak?" 
Si pedagang masih lanjut, "Iya, ini kakaknya, kan?" sambil nunjuk si ibu. Si ibu langsung tersipu-sipu gitu sementara anaknya menatap pak pedagang dengan tatapan membunuh. Entah dia tersinggung dianggap adik ibunya, entah dia marah karena merasa si pedagang sudah keterlaluan rayuannya.
"Enggak, saya ibunya," si ibu masih tersipu-sipu. 
"Oh, saya kirain kakaknya. Masih muda banget. Nikah muda kali ya, Bu?"
Ending-nya adalah si ibu beli kain yang paling mahal.
Begitulah. Intinya, saya (dan mungkin banyak perempuan lain) paling suka kalau dianggap lebih muda dari usia sebenarnya. Mungkin itu pujian tertinggi bagi saya/kami. Kalau kamu, apa pujian tertinggimu? :)

34 komentar:

  1. PertMAX,,, :D
    Kalo tak panggil "Dik" Della gimana? lebih muda lagi loh :D

    BalasHapus
  2. Ngikik aku baca ya Del... heeehhh perempuan memang tabiatnya senang dipuji, dan pujian awet muda itu paling laku lho untuk meluluhkan.

    Jadi inget waktu pertama kali kenalan dengan Ibu atasan dikantor baru ini Maret lalu, saat Ibu bilang usianya sudah 52 hampir pengsiun. Aku spontan bilang, ooohhh iya Bu, aku sangka Ibu baru 45. Beeuuu sejak itu beliau langsung sayang padaku, hehe...

    BalasHapus
  3. @Samaranji Gpp sih Mas, tapi nggak takut durhaka sama yang tuaan? Hehehe..

    BalasHapus
  4. @Yunda Hamasah Ah, tapi aku yakin bukan cuma itu alasan beliau sayang sama Mbak Keke ;)

    BalasHapus
  5. aku pernah loh del, sebelum hamil diperumahan ada SPG yang nawarin barang gitu, dan dengan coolnya dia bilang.. " ibunya ada dek??" aku cuma benggong,

    antara seneng dan agak gimana gtu, tapi yang pasti seneng awet muda hahahaha..

    BalasHapus
  6. haha...geje del...
    wong dimarahin malahan dapet pujian tertinggi...sigh..hihih..
    apakabar del?

    BalasHapus
  7. pujian tertinggiku adalah saat aku dikira Kakaknya ibuku..

    manteppp

    BalasHapus
  8. Aku pernah Del, gi ngantri di dokter gigi, lg asyik baca buku (secara ya kemana2 pasti ada aja buku di tas), trus bapak2 di sebelahku nanya "kuliah dimana dek?" jiaaahhhhh... tersapu2 ga seh qiqiqiqi

    BalasHapus
  9. @puteriamirillis Hebat kan, Pu? Hehehe.. kabar baik, alhamdulillah. Kamu gimana? :)

    BalasHapus
  10. @anggania Itu pujian buat ibumu dong, Ni :D

    BalasHapus
  11. @rindrianie Woooowww.. dikira masih kuliah :O
    Aku nggak pernah disangka semuda itu sekarang, hehehe..

    BalasHapus
  12. hahahaha, tuh siibu kesenengan bgt yak di bilang masih muda, ampe beli kaen yg paling mahal gitu..

    Gw juga sama kayak lo dell *ikut2an* ;p padahal umur udah kepala 3, tapi masih dikira masih umur 24-25an.. Alhamdu..lillaaaah... hihihi

    BalasHapus
  13. Jiahhh..mbak Della lucu deh!
    Ditegur bos malah seneng ahahaha....

    Pujian tertinggiku apa ya? Dipanggil adinda ama suami #eaaaaa *muji apa ngrayu?*

    BalasHapus
  14. @Desi Toooooooooosssss..
    Etapi lo curang udah mulai pake miracle water, gue masih blom pake apa-apa.. -_______-

    BalasHapus
  15. @Mayya Ditegurnya mah deg-degan May, disangka masih mudanya itu loh yang bikin seneng :D
    Aih, mesra bener ya panggilannya.. iri..

    BalasHapus
  16. Senengnya punya bos kalo negur gak pake serem ya....he.he.he..moga cepet naik jabatannya...he.he.he..

    BalasHapus
  17. Dikira lebih muda? Pasti senang banget, hehe..
    Tapi sayangnya saya jarang banget, keseringan dipanggil 'Bu' :D

    BalasHapus
  18. Kata Tukul Arwana: Sanjungan adalah teror...

    BalasHapus
  19. @Darussalam OKU Selatan Apaan, serem tauuuu.. emangnya enak dinasihatin dengan wajah senyum? Itu paling nggak ngenakin buat aku..
    amin, moga-moga beneran naek jabatan, hehe..

    BalasHapus
  20. @Yudi Iya bener, kalo sanjungannya serigala berbulu domba kayak penjual kaen di Tenabang itu :D

    BalasHapus
  21. @try2bcoolnsmart Baguslah, berarti Kakak dikelilingi orang-orang jujur :D

    BalasHapus
  22. Pagii kakak Della..
    Aku dateng membawa senyuman paliing maniis..hhehe..

    Tau ga aku paling males kalo ke MAll. lagi lihat 2 baju di M******I suka di panggil2 Kakak, hihi,,risih aja..

    BalasHapus
  23. Aduh bener banget Mbak Della!
    Saya juga salut banget dengan pencetus ide manggil " kakaaak..." ketimbang " Bunda".
    Oh My! Walopun aku ini emang sih udah emak-emak, tapi plis eike kan lagi megang-megang baju abegeh kok yo disapa " Mau cari size berapa, BUN?"
    #JLEB ilang napsu soping.
    Padahal aku kan gak kalah imut dari Kak Della lho...hahaha

    BalasHapus
  24. Iya MBak, kalau ada yang manggil Mbak atau nanya msh kuliah? rasanya wouuw....Am I looking young? hahahaha....bagi orang yg gak tau urutan sodara di kelauarga saya, maka di anggap anak paling bungsu [aslinya kakak si bungsu]..dan jika jalan sama kponakan yg cowok sering di kira pacarnya ...#Andai mereka tahu berapa usia sayaa ya....

    BalasHapus
  25. @Ririe Khayan Bareng sama ponakan dan dikira pacar???? Wooowww.. aku sih nggak bakal pernah kayak gitu, wong ponakan masih pada kecil, hehe..
    Moga terus awet muda ya, Rie ;)

    BalasHapus
  26. @Indah Kurniawaty Iya, aku juga pernah lagi liat-liat baju trus mbak-mbaknya bilang, "Boleh dicoba kok, Bu." Dan aku langsung ilfil. Padahal emang ud ibu-ibu, denial banget kan, heheheh..
    Iya percaya deh Kak Indah, kan sering liat fotonya di blog :D

    BalasHapus
  27. @Nchie Hanie Waaaaaaaaaahhh.. padahal Nchie mah emang masih pantes disapa Kakak, hehehe..

    BalasHapus
  28. pujian tertinggi:
    "hah, kamu serius udah 29? padahal keliatan masih kayak 22 tahun loh"... uyeaaaaah... ahahaha..

    BalasHapus
  29. Aku puuuuun mengalami hal yang sama huahahahaaa.. *tosss

    BalasHapus
  30. @Mila Said Asiiiiiiiiiiiiiikkk.. banyak temen :D *toss lagi

    BalasHapus
  31. Huuuu aku iriii..
    seringnya ya dipanggil Bu ato Bun.
    Malah kadang dikira masih hamil
    *sedot lemak
    T_T

    BalasHapus
  32. @U'uL Hihihi.. tapi gpp kan, emang udah jadi bunda juga? :) aku seneng kalo dipanggil bun :D

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)