Senin, 13 Februari 2012

Untung atau Rugi?

Sesuai kebiasaan, tiap Sabtu atau Minggu, gue jadikan ajang belanja lauk besar-besaran. Maksudnya nyetok buat sampai pekan depan, gitu. Kemarin pun pergi ke pasar dengan niat sekuat baja untuk beli ikan patin, udang, dll. Eh, apa daya, tukang ikan langganan enggak jualan. Gue, sebagai orang yang fanatik pada tukang ikan itu, telah menutup pintu bagi tukang-tukang ikan lain. 


Beranjaklah ke penjual udang dan cumi.
Gue (G): Bang, udang sekilo berapa?
Abang (A): 60 rebu, Neng.
G: beli seperempat, deh.
A: Jadinya 15 rebu, Neng.
G: Iya.
A: Atau 4 ons aja deh, saya kasih 20.
G: (dalam hati mulai suuzon, karena biasanya yang namanya pedagang itu ya, sering sekali mengatakan hal-hal yang sepertinya menguntungkan pembeli, padahal sebetulnya kagak) Bentar Bang, bentar.. (maksudnya mau hitung-hitung dulu)
A: (dengan santai menimbang dan memasukkan udang dalam plastik lalu mengangsurkannya ke gue)
g: (terpaksa memberikan dua lembar uang sepuluh ribuan sambil masih berpikir keras, "Ini gue rugi enggak, ya?")

Habis itu, setelah membeli beberapa barang untuk distok, gue pulang. Benak masih penuh pikiran, "Gue tadi ditipu nggak ya?"
Masalahnya ya, Sodara-Sodara, gue enggak tau 4 ons itu berapa gram, wuahahahahahahaha.. *bego kok bangga*
Di rumah, sambil mencuci udang, gue bertanya pada suami (tentunya dengan pasang wajah imut binti menggemaskan karena suami paling sebal kalau gue tanya-tanya hal-hal remeh yang harusnya sudah gue ketahui sejak zaman SMA dulu), "Yang, 4 ons sama seperempat kilo itu banyakan mana, sih?"
Suami, sesuai dugaan, langsung pasang muka mengerenyit dan balik bertanya, "Satu kilo itu berapa gram?"
Gue menjawab, "Ng ng ng... seratus?"
Suami tambah mengerenyit. 
Gue buru-buru meralat, "Seribu?"
Suami lalu melanjutkan, "Nah, satu ons itu sama dengan 1000 gram. Kamu hitung aja sendiri."
Oke. Mari berhitung. Oiya, sebelumnya harus gue beri tahu pada teman-teman sekalian bahwa nilai matematika gue sejak SD hingga SMA itu selalu yang paling rendah di kelas. Maka, untuk menghitung ini pun, gue membutuhkan kertas dan pena.

1 kg = 1000 gram = Rp60.000,00
Berarti per 1 gram = Rp60,00 
1/4 kg = 250 gram = Rp60,00 x 250 = Rp15.000,00
4 ons = 400 gram = Rp60,00 x 400 = Rp24.000,00

Eh, berarti gue untung, ya?
Yeeeeeiiiyyyy..




Bener-bener posting nggak penting. Maaf ya, teman-teman..

36 komentar:

  1. iya bener... untung. yeeeeeyyyyyyyyyyy........... (KENAPA GUE IKUT-IKUTAN SENENG?!)

    BalasHapus
  2. @Cindy Wijaya *nari-nari keliling dapur sama Cindy* :D

    BalasHapus
  3. Hahaha...
    Bingung...
    Waktu baca posting ini saya juga lupa satu ons berapa kilo

    BalasHapus
  4. hahaha... ada2 aja dsr si ibu.
    tapi saya jg suka ngitung2 kok kalo ditawarin begitu sm si mas/mba jualan. otak sy lgs ngitung, set... set... set....
    kalo gw untung jwbnya oke, kalo kagak ya tgl melipir aja =))

    BalasHapus
  5. @artika maya iya ya, satu-satunya kegunaan matematika buat gue ternyata justru setelah jadi ibu rumah tangga, hihihihi..

    BalasHapus
  6. @Mila Said jangan ditepok ah, sakit.. :p

    BalasHapus
  7. Yah..gram,ons,kg, sih pelajara si Olive semester kemaren..
    Gila ya kelas 3 bo,belajar matematikanya ampyun..pelajaran dulu aku smp deh..
    Paling seneng tau ngajarinnya ke si Olive..
    *kadang emaknya yang salah*

    BalasHapus
  8. kalau untung gak jadi kesel ya mbak hehehe. kadang aku juga bingung kok kalo belanja begitu

    BalasHapus
  9. @Mama Olive Ooooohhh.. ternyata pelajaran SD, toh. Pantesan aku udah lupa *ngeles*
    Tapi enak juga ya Nchie, kalau kita sendiri yang ngajarin anak, kita juga jadi ikutan pinter ^_^

    BalasHapus
  10. @Lidya - Mama Pascal selain kesal, aku juga dijamin nggak akan mau belanja di situ lagi :D

    BalasHapus
  11. hahaha, maap mba klo saya ikutan ngakak.
    klo matematika sih hoby saya waktu skull mba, jadi itung2 begitu sih ga bakal bisa ditipu, hihi
    tapi seneng karena mba nggak dirugiin :)
    salam hangat

    BalasHapus
  12. @Ridha Alsadi buat pembelajaran nih, Nadya ntar biar gimana caranya harus dibikin suka matematika. Jangan sampe o-on kayak emaknya *ketok meja 3x*

    BalasHapus
  13. *ngakak dalam hati*

    lain kali bawa converter satuan ke pasar bil..hihihi #ups

    BalasHapus
  14. @Santril akhirnya si Santril nongol lagi :D
    converter itu apaan yak??

    BalasHapus
  15. Wkwkwkwk, ons aja gatauuu?
    Wakakakaka...

    Kabur masih sambil ngakak.
    Wakakaka...

    BalasHapus
  16. misi ya mbak della, saya mau forward postingannya ke si tukang udang, sapa tau dy berubah pikiran.hahahaha :D

    BalasHapus
  17. untung saja mbak della untung...
    nggak kebayang reaksi mbak kalau rugi...
    hihihi :p...

    jadi udangnya dimasak apa mbak?
    aku jg suka udang loh #loh

    BalasHapus
  18. gapapa kok..jurusan sastra dan hukum kalo soal hitung2an emang suka lemot..hihihi...tosss...*kok bangga...

    BalasHapus
  19. persis sekali kayak aku, suka tanya seperti itu terus jawaban suamiku juga sama caranya spt jawaban suamimu ^_^ ... aku bener bener payah kalau itung itungan soal ons atau gram graman :)

    BalasHapus
  20. @Mine and Me baru dibikin sambel goreng, Ci. Rencananya abis ini mau dibikin lumpia, hehehehe.. sayang Suci jauh sih rumahnya, kalau nggak, udah aku kirim ke sana ;)

    BalasHapus
  21. @Ceria
    aaaaaaaaaaaa.. jangan dooooooooooooooonggg.. Ceria pengaduan ih.. :p

    BalasHapus
  22. @Una ih Una, kualat tauuu.. ngetawain emak-emak :p

    BalasHapus
  23. @puteriamirillis Puuuuuu.. terharu deh punya temen.. *peluk Pu erat-erat*

    BalasHapus
  24. converter manual aja bubiiill...alias catet tuh konversi2 satuan dikertas,trus masukin ke dompet..hehehe

    BalasHapus
  25. horeeeee, haha ngitung2 langsung yah drmh, emang naluri ibu2 suka bgitu yah hihi

    BalasHapus
  26. horeee! kak della bisa ngitung! :D *joget2*

    BalasHapus
  27. huahahahaha... senangnya aku punya temen ga bisa matematika juga... mari berpelukaaaaan... hihihi

    lumpianya udah jadi? enak ga? enak ga?

    BalasHapus
  28. hihihih....emang kalo belanja bukan di tempat langganan kita suka curiga duluan yachh...padahal maksud abangnya baik loch ngasih diskon 4rb wkwkkw.......

    BalasHapus
  29. @uci cigrey Iya Cil, itu juga udah termasuk telat sih, harusnya itung-itungan di depan si abang. Sayangnya lemot sih, hihihihi..

    BalasHapus
  30. @catumorli Yeeeeeeeeeiiiiyyyy..!! *joget-joget juga*

    BalasHapus
  31. @bebe
    Peluk Bebeeeeeeee.. >O<

    Lumpianya belum bikin Be, soalnya tukang sayur deket rumah nggak jualan kulit lumpia. Mesti ke pasar lagi nih, sekalian belanja lagi. Kali ini udah tau satu ons itu berapa gram :D

    BalasHapus
  32. @Nia Iya Nia, pengalaman juga sih berapa kali ditipu pedagang, jadinya bawaannya suuzon mulu, ihihihihi..

    BalasHapus
  33. wah,ternyata kita sama mbak.g cm aq doang yg payah itung2an hahaha

    BalasHapus

Mau komen? Silakan :)